Cara Mengatasi Penyakit White Spot Ikan Akuarium

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Ikan Akuarium

Kematian ikan merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi para pemula bahkan beberapa penggiat akuarium. Hal yang membuat frustasi adalah kebanyakan orang enggan memelihara ikan akuarium.

Tapi kematian ikan bisa dihindari. Sebagian besar kematian ikan disebabkan oleh parasit internal dan eksternal yang bersaing dengan ikan di dalam akuarium.

Oleh karena itu, jika kamu rutin mengawasi ikan di akuarium, Kamu harus dapat mengetahui kapan mereka terinfeksi parasit ini dan dapat mengobatinya untuk menghindari kematian ikan.

Waspadai gejala perilaku penyakit White Spot berikut pada ikan.

  • Selalu terbaring di dasar atau tergantung di permukaan.
  • Menggosokkan badanmenggosok di batu
  • Terlalu sering mengambil udara di atas air
  • Tidak ada respon saat diberi makan
  • Lesu dan bergerak lamban
  • Berdiam di pojokan

Tanda yang paling umum terlihat adalah perkembangan bintik-bintik sebesar kepala jarum di badan atau sirip. Penyakit ini disebut White Spot dan disebabkan oleh parasit Ichthyophthirius Multifillis.

Parasit ini memiliki kemampuan berenang bebas, lalu menempel pada ikan. Bahan kimia yang paling umum digunakan untuk mengobati ikan yang terinfeksi adalah metilen biru. Anda dapat membelinya di toko kimia atau toko penjual pernik akuarium dan menggunakannya dengan takaran 0,8 hingga 1,0 ml per galon air. Jumlah ini harus ditambahkan sekaligus. Ulangi setelah satu atau dua hari.

Ikan harus tetap di bak mandi sampai semua bintik hilang. Air harus diganti setelah pengolahan, jika tidak, kontak dengan bahan kimia dalam waktu lama akan mempengaruhi kesuburan ikan. Jika kamu menggunakan filter samping dengan karbon aktif, trik lain adalah melepasnya untuk mencegah arang menyerap metilen biru.

Tips lain, Selama perawatan, sebaiknya gunakan aerator buatan, dengan gelembung udara di dekat permukaan, karena bagian bawah yang kotor akan menonaktifkan obat melalui penyerapan. Tindakan yang lebih baik adalah menghilangkan semua kotoran di bagian bawah sebelum dibuang.

Metilen biru tidak berbahaya bagi ikan muda. Berlawanan dengan anggapan umum, jika digunakan pada konsentrasi yang lebih rendah tidak akan mempengaruhi tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *