Teh Hijau, Minuman Khas Asia Yang Kaya Manfaat

Teh Hijau, Minuman Khas Asia Yang Kaya Manfaat

Banyak orang di Barat mencari minuman alternatif berbasis kafein dan mengincar manfaat teh hijau. Teh ini adalah bagian tradisional dari kehidupan sehari-hari di banyak negara / wilayah termasuk Cina, Jepang, Sri Lanka, Pakistan, Korea Selatan, dan Timur Tengah. Kandungan kafein dalam teh hijau lebih sedikit yang merupakan salah satu ciri menariknya, karena kafein dapat menimbulkan efek samping, seperti insomnia.

Saat ini, teh hijau telah banyak digunakan di toko kesehatan dan supermarket. Pedomannya adalah menggunakan satu sendok teh per cangkir. Banyak penderita radang tenggorokan meminum teh yang dicampur madu karena sangat membuat nyaman.

Teh hijau pertama kali dipakai sebagai minuman di China, dan ada beberapa jenis di sana. Tumbuh di banyak provinsi, dan varietas yang paling terkenal adalah Longjing. Teh Mesiu (Gunpowder Tea) dan jenis Biluochun juga sangat populer. Teh dinilai menurut kualitasnya. Orang Cina sangat percaya pada manfaat teh hijau.

Sementara itu, hampir tidak ada jenis teh lain yang dikonsumsi di Jepang. Mereka memiliki variasi varietas dengan harga berbeda. Salah satunya disebut matcha, yaitu teh premium yang digunakan dalam upacara minum teh tradisional. Rasanya menyerupai rasa es krim, dan digunakan dalam permen. Seperti di China, teh hijau juga merupakan bagian dari budaya Jepang.

Kebun Teh Hijau di Kyoto
Kebun Teh Hijau di Kyoto

Banyak hasil penelitian medis, uji klinis, dan bukti anekdotal, mengklaim tentang manfaat teh hijau. Ia disebut – sebut berkhasiat untuk membantu mencegah banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit radang usus, dan beberapa jenis kanker.

Ada juga yang mengatakan bahwa ia dapat menurunkan kolesterol, sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Bahkan mencegah bau mulut pun merupakan salah satu manfaat teh hijau, karena teh hijau dapat menghancurkan bakteri penyebab bau mulut.

Banyak tes telah dilakukan pada orang berusia lanjut untuk menilai kewaspadaan lansia setelah konsumsi teh hijau dalam jangka panjang. Orang yang minum teh hijau memiliki lebih sedikit kerusakan mental. Orang juga percaya bahwa teh hijau dapat memperkuat sistem kekebalan dan melawan penyakit. Teh hijau juga bisa membantu mengurangi stres.

Baik rasa teh dan manfaat kesehatan adalah alasannya, dan ada banyak produk yang tersedia untuk dibeli. Daun teh kering dijual untuk membuat teh, serta bubuk teh, cocok untuk membuat es krim dan minuman smoothie. Untuk kenyamanan, kantong teh berisi daun teh juga dijual. Bahkan ada perlengkapan upacara minum teh Jepang untuk menikmati manfaat teh hijau dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *