Cara Repotting Bonsai, Proses 'Pindah Rumah' Bonsai

Cara Repotting Bonsai, Proses ‘Pindah Rumah’ Bonsai

Pengetahuan Dasar Tentang Perawatan Bonsai

Merawat pohon bonsai melibatkan banyak kegiatan yang sama terkait dengan merawat tanaman dalam pot atau tanaman dalam ruangan. Akar berserat yang berkembang dan sehat sangat penting untuk kelangsungan hidup pohon bonsaimu, dan proses penggantian pot adalah cara penting untuk mengelola prosesnya.

Umumnya, bonsai yang berusia muda yang lebih cepat tumbuh perlu diganti potnya kurang lebih setahun sekali. Untuk tanaman dengan produktivitas lebih rendah atau pohon yang lebih tua, dapat dilakukan setiap lima tahun.

Cara Mengganti Pot Bonsai (Repotting)

Proses penggantian pot bonsai adalah proses yang harus kamu lakukan dengan serius dan ikuti petunjuk sederhana di bawah ini:

Pertama-tama, kamu harus memangkasnya dengan hati-hati setiap cabang panjang yang tidak diperlukan untuk mengatur kekuatan pohon. Selain itu, jika merupakan bonsai outdoor, pastikan kamu telah menutup pohon selama beberapa minggu agar tanah relatif kering.

Setelah mengeluarkan pohon dari pot, kamu akan dapat melihat apakah bonsai tersebut benar-benar perlu dipindahkan. Jika akar bonsai sudah melingkar, ia siap untuk di-repotting, tetapi jika masih ada beberapa inci ruang agar akarnya bisa tumbuh sedikit, maka kamu dapat dengan hati-hati menaruh bonsai tersebut di pot aslinya dan membiarkannya seperti biasa, hingga akarnya cukup kuat untuk dipindahkan.

akar Bonsai

Kemudian, kamu harus menghilangkan kotoran di permukaan akar dengan tangan atau dengan sikat nilon. Sikatlah batang pohonnya, hati-hati agar tidak merusak akarnya. Menghilangkan kotoran di batang akan membuat pohon bonsai terlihat dan terasa lebih sehat. Setelah membuang sebagian besar kotoran dengan cara ini, sikat kecil berbulu halus dapat digunakan untuk membersihkan kotorandi sistem akar atau akumulasi akar.

Baca Juga :  Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Gunakan garpu akar untuk menyisir akarnya. Untuk melakukan ini, sisir akar dari bawah, lalu potong sepertiga akar dengan gunting, lalu potong irisan kecil di sekitar akar untuk mengumpulkan tanah segar dan menjaga bonsai tetap sehat. Tambahkan lapisan pasir kasar ke dasar pot, lalu tambahkan kombinasi kompos pilihan kamu.

Luangkan waktu untuk memasukkan pohon bonsai ke dalam pot, lalu ratakan tanah ke tempat yang belum terisi rapat. Seperti disebutkan di atas, lakukan ini sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *