Persiapan Menanam Hidroponik Agar Tumbuh Subur

Persiapan Menanam Hidroponik Agar Tumbuh Subur

Memang tidak memerlukan lahan besar, tapi persiapan menanam hidroponik cukup banyak, memakan modal cukup besar dan nantinya setelah menanam, tidak bisa ditinggal begitu saja karena harus dirawat dengan sangat baik. Tidak mungkin tanaman yang ditanam dengan media tersebut bisa tumbuh sendiri tanpa adanya perawatan secara khusus.

Biasanya, kegiatan bercocok tanam yang menggunakan metode hidroponik, memanfaatkan ruang balkon rumah atau bagian atap gedung untuk ditanami berbagai tanaman. Tidak hanya jenis buah-buahan, sayuran juga bisa dibudidayakan dengan cara tersebut. Persiapan matang, akan menghasilkan tumbuhan bagus nan subur.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, apa yang harus kamu lakukan? Pastikan persiapan menanam hidroponik itu sudah maksimal. Kami akan memberitahukannya kepada kamu langkah demi langkah dalam mempersiapkan segalanya untuk bisa membudidayakan suatu bibit menjadi tumbuhan subur seperti berikut.

Siapkan Media Tanam yang Memadai

Selain mengisi waktu luang atau memuaskan hobi bertanam, kegiatan budidaya tanaman hidroponik ini memiliki banyak keuntungan yang sangat disyukuri orang-orang yang belum berpengalaman dalam bertani atau berkebun.

Menggunakan metode tersebut, cara perawatannya cukup mudah, tanaman yang telah dirawat jarang terkena hama, bisa panen banyak dan tentu saja sangat hemat lahan. Hanya dengan memanfaatkan halaman rumah sempit, balkon, atau atap gedung juga bisa.

Hal pertama jika berniat berkebun dengan metode satu ini, kamu harus melakukan persiapan menanam hidroponik semaksimal mungkin. Tidak bisa asal bila ingin mendapatkan hasil banyak. Langkah pertama adalah media tanamnya.

Sudah jelas, bukan tanah yang menjadi unsur utama dalam penanaman tumbuhan dalam metode hidroponik. Karena air jadi sumber utama. Maka, agar tidak mudah mati, media penanamannya adalah :

  1. Rockwool, media paling direkomendasikan bagi pemula yang akan melakukan tanam hidroponik. Terbuat dari campuran batu basalt, kapur dan batu bara, dengan dibakar di suhu 1600 derajat celcius. Media ini terbilang cukup higienis.
  2. Lalu ada hidroton yang bentuknya bulatan-bulatan kecil, nampak seperti kelereng.
  3. Selain itu, hidrogel juga bagus karena terbuat dari kristal polimer yang daya serapnya cukup tinggi.
  4. Zeolite menjadi media penukar ion dengan aktivitas dari katalis cukup tinggi yang cocok untuk media tanam satu ini.
  5. Perlite juga bagus karena mampu menyimpan nutrisi dengan baik serta mempunyai unsur hara.
  6. Dan terakhir sabut kelapa, yang sangat ekonomis tapi sangat bagus karena memiliki daya tampung air cukup bagus.
Baca Juga :  Sistem Hidroponik, Menanam Tanpa Media Tanah

contoh media hidroponik

Persiapan Menanam Hidroponik Hingga Pemilihan Bibit

Siap-siap saja, karena dalam persiapan menanam hidroponik itu membutuhkan perlengkapan dan bahan banyak. Dibutuhkan juga kesabaran ekstra, agar nanti apa yang ditanam bisa tumbuh baik apabila dari awal dilakukan dengan cara benar.

Kami akan membagi proses persiapannya dalam 3 tahap, yaitu alat, bibit hingga cara menanam yang benar. Silakan simak penjelasan berikut untuk tahu lebih jelasnya :

Alat yang Dibutuhkan

Tidak mungkin bertanam menggunakan tangan kosong, harus ada alat agar proses bisa berlangsung cepat. Mulai dari media tanamnya seperti pipa, penyalur oksigen ke air, pendeteksi pH hingga sumber listrik harus tersedia.

Menyiapkan Bibit Terbaik

Jika alat sudah semuanya tersedia, tinggal pemilihan bibit unggul. Misalnya, kamu akan menanam selada, bisa beli bibit di toko perkebunan terbaik di kotamu dan sebelum ditanam harus direndam dulu bibitnya selama 5 menit.

Cara Menanam yang Benar

Pastikan proses penanaman harus benar. Dimulai dari wadah untuk menanam, dan direkomendasikan dengan rockwool saja. Benihnya nanti dimasukkan pada lubang rockwool. Siram pada pagi hari dan pastikan terkena sinar matahari dengan baik.

Jangan lupa, setelah bibit tersebut memiliki tunas, dari pipa harus dipindah ke netpot. Dari sinilah proses yang lebih rumit lagi akan kamu lalui karena harus menempatkannya pada instalasi terbaik. Yakinkan diri, kemudian lakukan persiapan menanam hidroponik sebisanya kamu, asalkan dengan aturan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *