Alasan Harga Tanaman Janda Bolong Terbilang Mahal

Alasan Harga Tanaman Janda Bolong Terbilang Mahal

Hobi menanam pada masa pandemi menjadi trend hingga harga tanaman janda bolong menjadi sangat mahal. Baru-baru ini, tanaman hias dengan nama latin Monstera Adansonii Variegata mencuri perhatian banyak orang dengan tampilannya yang unik hingga harganya yang sangat fantastis. Meski begitu, masih menjadi rebutan banyak orang.

Harganya yang begitu mahal, membuat banyak oknum jahat memanfaatkannya untuk menjual tanaman hias, yang masuk dalam Familia Aracae, jenis palsunya. Kamu harus berhati-hati bila membeli janda bolong bila tidak ingin uang lenyap begitu saja dengan mendapatkan tanaman palsu.

Tapi kenapa harga tanaman janda bolong bisa begitu mahal? Apa yang membuatnya begitu spesial hingga banyak orang ingin membelinya? Kami akan memberikan alasannya kepada kamu atas pertanyaan tersebut. Bisa bahan pertimbangan juga sebelum kamu berniat untuk membelinya.

Keunikannya Membuat Harga Tanaman Janda Bolong Mahal

Menjadi hits pada masa pandemi, tanaman jenis monstera ini sangat diminati hingga tahun 2021 saat ini. Banyak dari mereka yang belum tertarik dengan tanaman hias satu ini, heran kenapa harga tanaman janda bolong bisa begitu mahalnya?

Menurut Dosen Fakultas Pertanian dari Unpad, Syaiful Mubarok mengatakan, faktor hal tersebut bisa karena keindahannya yang terletak pada daunnya karena memiliki lubang. Selain itu, warna daunnya juga cukup unik, yaitu hijau dan memiliki gradasi putih. Jadi, tidak heran memiliki nilai jual tinggi.

Akan tetapi, Syaiful juga menambahkan, menurutnya nilai jual hingga ratusan juta sebenarnya tidak baik dan mempermainkan harga di tengah permintaan masyarakat yang cukup tinggi atas tumbuhan tersebut. Jadi, sudah jelas bahwa ini permainan dagang saja.

Hal tersebut juga sebenarnya pernah terjadi pada tahun 2007 pada tanaman Gelombang Cinta. Setelah tidak diminati, harganya langsung merosot turun dan seperti tidak ada daya tariknya lagi.

Baca Juga :  Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

Di sisi lain, harga yang mahal itu juga mempengaruhi psikologi masyarakat. Di mana ketika rumah tidak ada tumbuhan janda bolong, dianggap kuno dan tidak mengikuti trend. Bila terpengaruh atas dasar gengsi, harga berapa saja, pasti dibeli. Tidak salah, nilainya mencapai ratusan juta.

Perawatan Sulit, Menjadi Alasan Utama Mahalnya Janda Bolong

Alasan paling masuk logika mengapa tanaman monstera ini memiliki nilai jual tinggi karena perawatannya yang cukup sulit. Memang, sesuatu yang dianggap berharga, perlu perawatan ekstra dan tidak boleh sembarangan.

Daunnya berlubang serta kombinasi warna unik, mengharuskan sang pemilik harus bekerja ekstra merawatnya agar tidak layu setelah dibelinya dengan harga cukup tinggi. Tanaman dengan julukan Keju Swiss ini juga termasuk jenis yang merambat.

Akarnya akan menempel pada batu atau tanah yang digunakan sebagai media penyangga. Maka dari itu, dalam perawatannya, tanah sangat membutuhkan drainase terbaik serta kebutuhan sinar matahari harus terpenuhi. Tidak disinari secara langsung, tapi harus selalu pada tempat cerah.

Dari bayangannya saja, mungkin kamu sudah cukup pusing mengenai cara membudidayakannya. Masuk akal apabila mendapatkannya harus merogoh kocek dalam. Bila dijelaskan secara detail, teknik perawatannya seperti berikut :

  1. Pada pengaturan tanah, tidak boleh disiram secara berlebihan. pHnya harus 5,5 atau 7,0. Itu berarti sifatnya harus netral kelembapannya. Akan tetapi bila sedikit asam juga tidak masalah.
  2. Kemudian monstera ini juga membutuhkan banyak cahaya, tidak secara langsung dengan dipapar sinar matahari. Tapi bisa dari cahaya buatan. Hal tersebut karena klorofilnya lebih sedikit dibandingkan tanaman lainnya.
  3. Dan temperatur atau kisaran suhu penyimpanan janda bolong itu antara 19 hingga 26 derajat celcius. Bisa dibilang pada suhu ruangan normal. Intinya, jangan sampai berada di bawah 19 derajat celcius.
Baca Juga :  Cara Repotting Bonsai, Proses 'Pindah Rumah' Bonsai

Adanya harga mahal bukan tanpa alasan, hanya saja dengan over price memang membuatnya sedikit berlebihan hanya untuk sebuah tanaman saja. Ingat, setelah membelinya, karena harga tanaman janda bolong mahal, harus dirawat sebaik mungkin sesuai petunjuk di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *