Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Nuansa hijau di rumah memang terasa sangat menyejukkan ditambah lagi itu berasal dari tanaman hias merambat, tentu menambah nilai estetika di rumahmu. Secara harafiah, memang benar bahwa tumbuhan tersebut akan merambat di suatu media dalam masa pertumbuhan, karena caranya hidup itulah malah justru menambah keindahan.

Selain adanya furniture unik dan mendukung kecantikan interior dan eksterior rumah, tanaman hias satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menambah kecantikannya. Selain memberi kesan estetik, ada manfaat lain hingga membuatmu wajib memiliki jenis tanaman tersebut sebagai hiasan.

Karena tidak langsung bersentuhan dengan lingkungan, perawatan tanaman hias merambat juga perlu kehati-hatian. Bagi kamu yang akan memulai memelihara jenis tumbuhan hias tersebut, kami akan memberikan sedikit informasi kepada kamu untuk bisa dijadikan referensi.

Alasan Tanaman Hias Merambat Wajib Dibudidaya di Rumah

Memiliki beragam jenis tanaman dari yang berbuah, berbunga atau hanya yang dengan daun saja, menjadikan tanaman hias merambat sedari dulu memang tidak pernah hilang eksistensinya. Meski sudah ada banyak jenis tumbuhan hijau hiasan baru, jenis merambat masih tetap menjadi idola.

Itu karena keunggulannya tidak dimiliki oleh tanaman hias lainnya. Contohnya saja janda bolong. Jenis tumbuhan tersebut hanya menang dari segi harga, tapi keunggulannya tidak begitu banyak selain kebanggaannya karena memiliki tumbuhan mahal di dalam rumah.

Selain memberikan kesan cantik pada rumah, ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat tanaman hias yang tumbuh dengan merambat banyak disukai orang, untuk ditanam di dalam atau di luar ruangan :

  1. Beberapa dari jenisnya, bisa dijadikan obat. Selain memberi nilai estetik pada rumah, kamu bisa memanennya untuk piranti obat tradisional di rumah.
  2. Dapat juga meneduhkan rumahmu, terlebih lagi bila inisiatif dijadikan kanopi rumah. Mulai dari halaman hinga masuk ke dalam rumah, keberadaan tanaman merambat itu membuat hawa menjadi sejuk.
  3. Selain itu juga, mampu menjadi pagar hidup pada bagian luar rumah. Alternatif pagar dengan tanaman menjalar ini bisa membuat halaman rumah terlihat sangat asri.
  4. Selain memberi teduh dan asri, juga cukup menyejukkan lingkungan area rumah. Lakukan penempatan terbaik agar manfaatnya bisa dirasakan oleh kamu.
Baca Juga :  Cara Repotting Bonsai, Proses 'Pindah Rumah' Bonsai

Rekomendasi Jenis Tanaman Merambat agar Tumbuh Baik di Rumah

Setelah mengetahui manfaat yang didapat apabila membudidayakan tanaman jenis rambat, pasti kamu sudah terpikir tanaman rambat apa yang bagus untuk ditanam pada halaman rumah?

Sebelumnya, pertimbangkan dulu bagaimana kondisi rumah dan halamanmu, nanti akan dijalar melalui dinding, pagar atau membuat tralis khusus sebagai area merambatnya. Semua harus dipikirkan dengan baik.

Nanti, dalam perawatan sebenarnya tidak terlalu rumit asalkan mendapat pencahayaan cukup, rajin disiram serta lakukan pemangkasan secara rutin karena pertumbuhannya cukup cepat.

Langsung saja, inilah 5 rekomendasi terbaik tanaman rambat yang bisa menghias dan membuat rumahmu menjadi asri :

  1. Ingin memberikan kesan hidup pada ruangan rumahmu, bisa memilih sirih gading. Daunnya yang berwarna hijau dan kekuning-kuningan memang membuat ruangan menjadi lebih cerah.
  2. Mudah ditanam di berbagai tempat seperti dinding, batang pohon, atau pagar rumah, daun ivy atau English ivy bisa menjadi pilihan terbaik.
  3. Sudah memiliki halaman dengan rumput kehijauan, untuk menambah kesan cantik, pilih melati sebagai sebagai koleksi tumbuhan menjalar yang ada di tempat tinggalmu.
  4. Seperti manik-manik yang menjuntai dan terlihat sangat indah baik digantung atau merambat, tumbuhan hias tasbih sukulen akan bagus bila ditanam pada pekarangan tempat tinggal.
  5. Dan terakhir ada air mata pengantin yang memiliki warna dominasi merah jambu cantik.

Ketika sudah tumbuh menjalar dengan baik, harus sering dicek untuk bisa dipangkas bagian yang tidak diperlukan atau sudah layu. Bila perawatannya bagus, tanaman hias merambat di tempatmu bisa awet dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *