Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

Tidak ada salahnya kado tahun ini adalah tanaman hias imlek, karena beberapa dari jenis mereka memiliki arti keberuntungan. Imlek adalah tahun baru bagi warga Tionghoa di seluruh dunia. Tahun ini, bertepatan dengan tahun kerbau. Biasanya adat tahun baru tersebut, keluarga berkumpul dan saling bertukar hadiah serta yang tua memberi angpao.

Dari pada bingung mau membelikan suatu barang kepada sanak keluarga atau orang terkasih, bisa dihadiahi tanaman hias yang memiliki makna bagus. Selain itu juga, dapat mempercantik interior rumah karena kebanyakan jenis dari mereka mampu bertahan dengan baik di dalam rumah.

Tahun baru Imlek sudah mulai dekat, silakan pilih mana tanaman hias imlek yang akan dibeli untuk diserahkan kepada keluarga atau kekasih. Berikut ada beberapa rekomendasi untukmu serta bagaimana cara perawatannya agar terus tumbuh subur meski di dalam rumah.

Jenis Tanaman Hias Imlek dengan Makna Keberuntungan

Terkenal dengan budaya memberi angpao, imlek juga ajang memberikan hadiah. Akan tetapi, tidak sembarang hadiah yang bisa diberikan. Kebanyakan orang Tionghoa, akan memberikan suatu benda untuk diberikan yang memiliki makna positif.

Seperti panjang umur, murah rejeki, enteng jodoh dan segalanya yang dimaksudkan memberi keberuntungan positif bagi si penerima. Karena sudah dekat tahun barunya, dari pada masih bingung, tanaman hias imlek bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk hadiah yang akan diberikan tadi.

Terlebih lagi, mampu mempercantik interior tempat tinggal dengan perawatan tidak begitu rumit. Meski kamu sibuk, masih bisa terus merawatnya agar tidak layu. Berikut rekomendasinya :

Baca Juga :  Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Pohon Uang

Bentuknya ini memiliki daun hijau memanjang sering disebut juga dengan nama latin Pachira aquatica. Dan menurut astrologi China memiliki arti keberuntungan.

Tanaman Giok

Memiliki simbol kemakmuran dan kekayaan menurut orang Tionghoa, ternyata ini berasal dari Afrika. Dinamai seperti itu karena warna daun kecil-kecil itu menyerupai hijau giok.

Bambu Keberuntungan

Tanaman hias ini paling terkenal dan sudah ada diperkirakan sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu untuk praktek feng shui dan terkenal sebagai simbol kesehatan.

Pohon Kumquat

Pohon ini juga sering menjadi pernak-pernik dekorasi dalam perayaan imlek. Buah kumquat memang cukup terkenal di China.

Anggrek Phalaenopsis

Jenis bunga hias ini sangat terkenal menjadi simbol keberuntungan karena bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu yang indah.

tanaman hias imlek

Tips Merawatnya dengan Baik agar Tidak Mudah Layu

Berada di dalam ruangan, mengharuskan tanaman hias harus dirawat dengan teknik berbeda dari tanaman pada umumnya. Namun, jangan khawatir karena tidak akan menguras waktu, karena intinya teknik penyiraman, pencahayaan dan atur temperatur dengan baik.

Agar perawatannya bisa maksimal, jangan sama ratakan semua jenis yang kamu miliki. Beda tanaman, tentu dalam merawatnya harus disesuaikan. Kami akan memberitahu bagaimana caranya dengan tips seperti berikut.

  1. Teknik penyiraman yang benar dengan melakukannya antara pagi atau malam dengan rutin dan merata. Jangan berlebihan hingga membuat genangan pada pot.
  2. Sinar matahari juga harus diperhatikan. Akan tetapi, jangan terlalu lama karena bisa layu bahkan kering.
  3. Pangkas tanaman yang sudah kering atau mati agar lainnya tidak ikutan layu serta masih menampakkan keindahannya.
  4. Pastikan suhu ruangan tempat penyimpanannya harus baik. Jangan terlalu lembab atau bahkan kering, netral saja.
  5. Jangan lupa untuk mengantisipasi adanya hama yang datang. Berikan nutrisi organik pada tanaman agar tidak mati.
  6. Bila memiliki waktu, lakukan rotasi tanaman, artinya menanam pada satu musim saja agar tidak mudah mati.
Baca Juga :  Alasan Harga Tanaman Janda Bolong Terbilang Mahal

Karena diberi untuk hadiah, sudah pasti dalam bentuk tanaman kecil dengan pot hias yang cukup bagus. Jangan lupa, beli tanaman hias imlek beberapa hari sebelumnya untuk dirawat dulu serta diberi nutrisi sebelum diserahkan sebagai hadiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *