5 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

5 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

Dalam menemani kegiatan sehari-hari dirumah mempunyai hewan peliharaan yang mudah dirawat dapat menjadi pilihan. Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh setelah seharian bekerja. Selain itu, hewan peliharaan juga bisa menjadi teman bermain menyenangkan.

Selain menjadi penghibur dan teman bermain, hewan peliharaan juga memiliki beragam manfaat, seperti menjaga rumah, mengusir binatang pengganggu atau hama, penghilang stres, dan lain sebagainya. Di masa pandemi yang mengharuskan untuk tetap dirumah dan menjaga jarak, membuat kita tidak bisa berinteraksi dengan orang lain secara langsung.

Akibat hal inilah kita memiliki jarak semakin jauh dengan teman atau kerabat. Untuk mengisi kekosongan ini kamu bisa memilih hewan peliharaan yang mudah dirawat selama dirumah. Dengan memilikinya kamu bisa mengisi waktu untuk merawat dan bermain bersamanya.

Hewan Peliharaan Berbulu Sahabat Manusia

Di bawah ini adalah beberapa hewan peliharaan yang memiliki bulu sangat menggemaskan.

Kucing

Salah satu hewan peliharaan yang mudah dirawat adalah kucing. Sejak dulu kucing sudah menjadi primadona bagi sebagian masyarakat karena tingkahnya lucu dan sering membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Binatang berkaki 4 ini memiliki sifat hangat sehingga manusia mudah menyukainya.

Hampir semua orang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaannya di rumah, selain lucu, kucing juga bisa menjadi teman bermain dan “pendengar” yang baik bagi manusia. Mamalia ini memiliki beragam jenis, namun biasanya hanya beberapa jenis saja yang sering dijumpai didalam rumah.

Anjing

Binatang berbulu lainnya adalah anjing. Bisa dikatakan kucing dan anjing bersaing untuk menjadi hewan peliharaan disayangi manusia. Anjing bisa menjadi teman sekaligus penjaga terbaik didalam keluarga. Binatang berbulu ini memiliki insting baik dalam membedakan kawan dan lawan.

Anjing memiliki beberapa jenis yang dijadikan manusia sebagai temannya, diantaranya adalah beagle, cihuahua, maltese, pomeranian, shih tzu, akita, dan masih banyak jenis lainnya. Anjing juga menjadi hewan peliharaan yang mudah dirawat siapa saja, yaitu dengan memberi makan dan perhatian yang cukup.

Kelinci

Kelinci menjadi binatang selanjutnya yang digemari oleh sebagian orang. Kelinci memiliki bulu hangat dan wajah menggemaskan, selain tingkahnya yang lucu, binatang ini juga memiliki insting yang tajam ketika ada ancaman, khususnya dari binatang lainnya. Susah – susah gampang untuk merawat kelinci.

Mamalia melompat ini membutuhkan perlakuan dan perhatian khusus, tidak semua jenis kelinci dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru. Telinga kelinci yang panjang, peka terhadap suara-suara sekecil apapun, maka dari itu sebisa mungkin menempatkan kelinci jauh dari kebisingan. Selain itu kebersihan kandang juga harus diperhatikan.

Hamster

Hewan peliharaan yang mudah dirawat serta menjadi sahabat manusia adalah hamster. Meskipun beberapa hamster memiliki sifat suka menggigit namun perilakunya ini adalah untuk berkenalan dengan pemiliknya. Untuk merawat binatang mungil ini cukup mudah yaitu memperhatikan asupan makanan serta sering membersihkan kandangnya.

Burung

Saat ini banyak masyarakat yang menjadi pecinta burung, selain dijadikan sebagai binatang peliharaan, burung biasanya juga dijadikan sebagai ajang perlombaan burung kicau. Salah satu jenis unggas ini menjadi promadona karena memiliki suara yang merdu. Pada umumnya perawatannya sama dengan binatang lainnya.

Reptil Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah

Selain hewan mamalia dan berbulu, jenis hewan peliharaan yang mudah dirawat lainnya adalah reptil. Namun tidak semua orang menggemari binatang ini. Reptil cenderung memiliki sifat ganas dan menakutkan, namun jika sudah menjadi hewan peliharaan, reptil bisa menjadi teman baik bagi pemiliknya.

Berikut beberapa jenis reptil sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah.

  1. Water Dragon
  2. Bunglon
  3. Spesies Kadal
  4. Spesies Ular
  5. Kura-kura Rusia
  6. Anole
  7. Red Eared Slider

Ketika memelihara binatang dirumah, kita harus menjaga, merawat dan memenuhi kebutuhannya agar tetap hidup dan nyaman saat berada dengan manusia. Segala jenis binatang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang mudah dirawat dirumah apabila diperhatikan dan diperlakukan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *