Cara Merawat Kucing Saat Tidak Nafsu Makan

Cara Merawat Kucing Saat Tidak Nafsu Makan

Kucing merupakan hewan peliharaan yang mudah beradaptasi. Cara merawat kucing juga terbilang mudah dilakukan.

Meskipun secara alamiah binatang ini dapat bertahan hidup sendiri, namun beberapa hal harus diperhatikan ketika memeliharanya. Hal terpenting ketika merawatnya adalah menjaga asupan makanannya, memastikan kebersihan, serta memberikan perhatian.

Binatang ini menjadi hewan peliharaan yang cukup digemari oleh semua kalangan. Binatang mamalia ini bisa menjadi teman baik dan menghilangkan kejenuhan setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Selain tingkah lakunya, binatang ini memiliki insting yang tajam terhadap perasaan atau tingkah laku pemiliknya.

Jika kamu sudah lama memelihara seekor kucing, tentunya kamu akan merasa punya ikatan batin dengannya. Saat peliharaan kamu tidak merasa baik segera ketahui apa penyebabnya, karena termasuk hewan lemah ketika sedang sakit. Kamu juga harus mengetahui cara merawat kucing yang sedang tidak mau makan.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Kucing merupakan binatang yang memiliki nafsu makan tinggi, khususnya kucing Jawa atau biasa disebut kucing kampung. Bahkan hewan ini bisa disebut memakan segala jenis makanan atau masakan. Untuk mengetahui cara merawat kucing yang tidak mau makan, kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyakit sistem pencernaan

Salah satu penyebab hewan mamalia berbulu ini tidak mau makan adalah sakit perut atau gangguan sistem pencernaan. Sama halnya dengan manusia, binatang ini juga tidak nafsu makan saat perutnya sedang tidak dalam keadaan baik. Dalam kondisi ini kucing biasanya akan muntah dan mengalami diare.

Penanda yang paling mencolok ketika terdapat gangguan sistem pencernaan adalah turunnya nafsu makan. Gangguan biasanya seputar tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus, dan masalah lainnya. Cara merawat kucing yang tepat ketika mengalami gangguan pencernaan adalah segera membawanya ke dokter.

Gangguan saluran pernapasan

Masalah berikutnya adalah gangguan saluran pernapasan. Gangguan ini dapat menyebabkan kehilangan indra penciumannya, sehingga tidak dapat mencium bau makanannya.

Hal ini tentu akan mengurangi nafsu makan makannya. Tanda-tandanya adalah keluarnya kotoran pada mata dan hidung yang menutupi penglihatan dan penciuman sementara.

Menelan benda asing

Kucing merupakan binatang yang sangat aktif dan dapat memakan atau memainkan apa saja yang ada didepannya. Hewan berkaki empat ini biasanya sering memasukkan benda asing kedalam mulutnya dan kemudian tertelan.

Hal inilah yang menyebabkan ada sumbatan pada pencernaan kemudian membuatnya mengalami penurunan nafsu makan.

Penyakit gigi

Masalah selanjutnya adalah terdapat pada area mulut. Sama halnya dengan manusia, kucing bisa memiliki penyakit pada area mulut.

Maka dari itu salah satu cara merawatnya adalah dengan memperhatikan kebersihan area mulut. Infeksi pada gusi dan gigi, hal ini akan menyebabkan kehilangan nafsu makan.

Rasa, bau, dan tekstur makanan

Rasa, bau, dan tekstur pada makanan membuatnya kehilangan nafsu makannya. Meskipun dikenal bisa memakan segala jenis makanan, namun ada kalanya hewan ini tidak menyukai jenis makanan tertentu.

Kamu harus mengetahui jenis makanan apa yang disukai oleh hewan peliharaan, karena setiap peliharaan memiliki kepekaan rasa berbeda.

Cara Merawat Kucing Tidak Mau Makan

Cara merawat kucing yang paling utama adalah memperhatikan asupan makannya. Penyebab dari kehilangan nafsu makan bisa berbeda-beda. Langkah utama yang harus kamu ambil adalah membawanya ke dokter hewan, sehingga dapat diperiksa dan segera diambil tindakan untuk mengobati.

Secara umum, jika hewan peliharaan tidak nafsu makan, kamu bisa meningkatkan nafsu makannya dengan mencoba-coba berbagai jenis makanan, hal ini bisa membuat kamu tahu apa yang disukainya. Selain itu biasakan dengan menghangatkan makanan kaleng atau siap saji sebelum memberikannya kepada kucing.

Untuk merawat hewan peliharaan memang membutuhkan perhatian khusus, supaya hewan tersebut nyaman dan sehat. Sama halnya dengan memelihara kucing, meskipun termasuk hewan yang mudah beradaptasi, namun kamu harus tetap waspada dan mengetahui bagaimana cara merawat kucing dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *