Cara Merawat Ikan Cupang agar Muncul Warna Cantik

Cara Merawat Ikan Cupang agar Muncul Warna Cantik

Ikan cupang saat ini menjadi primadona masyarakat. Cara merawat ikan cupang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu atau biaya yang ekstra. Jenis binatang hias ini termasuk mudah dirawat, bahkan dapat hidup didalam air keruh dalam beberapa hari.

Binatang air ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat, khususnya di Indonesia. Binatang hias ini sebenarnya sudah lama ada dan dijadikan sebagai peliharaan oleh anak-anak. Dahulu anak-anak kecil sering memainkan ikan ini dengan cara mengadu dengan ikan cupang lainnya.

Dengan cara mengadu ini, kemudian hewan air ini mengembangkan siripnya dan dari situ keindahan Warnanya dapat dilihat. Saat ini menjadi hobi bagi sebagian orang bahkan dikalangan pengusaha. Binatang ini memiliki harga jual yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Tips agar Ikan Cupang Muncul Warna Cantik

Salah satu faktor penentu harga hewan hias ini adalah corak dan warna dari tubuhnya. Pecinta binatang bahkan rela menghabiskan banyak uang dan tenaga untuk mendapatkan warna yang cantik.

Jika dirawat dengan baik, ikan cupang akan memiliki warna yang cantik.Berikut cara merawat ikan cupang agar memunculkan Warna cantik.

Perhatian khusus ketika merawat bayi ikan cupang

Sebelum tumbuh dewasa, cara merawat ikan cupang dilakukan sejak masih bayi (burayak). Ketika akan memindahkan bayi cupang kedalam wadah atau akuarium, endapkan terlebih dahulu air selama 2 hari, setelah itu beri daun pisang kering agar tetap terjaga kebersihannya.

Penting untuk memperhatikan tempat atau wadah yang digunakan bayi ikan cupang. Sesuaikan wadah dengan ukuran ikannya, hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Selain itu pemberian jenis makanan, sebelum tiga minggu berilah makanan yang tinggi akan protein seperti jenis artemia.

Pemberian pakan

Cara merawat ikan cupang untuk mendapatkan Warna yang cantik adalah dengan memperhatikan pemberian makan. Untuk cepat memunculkan Warna yang cantik kamu bisa memberi makan dengan menggunakan udang. Udang memiliki kandungan protein yang baik, sehingga cepat memunculkan Warna selain itu baik untuk pertumbuhan ekor.

Penggunaan daun ketapang

Cara lainnya adalah dengan menempatkan daun ketapang didalam akuarium. Daun ketapang dapat menghasilkan zat organic khusus yang bisa menurunkan kadar PH serta menyerap zat kimia dalam air, sehingga baik bagi hewan ini untuk cepat memunculkan Warnanya.

Tips agar Ikan Cupang Cepat Tumbuh Besar

Memperhatikan asupan makanan hewan peliharaan dapat mempengaruhi tumbuh kembang hewan tersebut. Begitupula dengan ikan cupang, kamu harus memperhatikan segala jenis makanan yang kamu berikan, termasuk kandungan didalamnya. Selain makanan, beberapa faktor lainnya juga mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Memilih tempat atau wadah

Pada umumnya ikan akan berkembang sesuai dengan tempat tinggalnya, sama halnya ikan cupang. Meskipun spesies ini dapat hidup disegala tempat karena memiliki ketahan tubuh yang baik, namun ada baiknya jika kamu memberikan tempat yang sesuai untuk hewan peliharaan kamu.

Pemberian makanan alami

Cara merawat ikan cupang adalah dengan memperhatikan asupan makanannya. Jangan hanya memberikan makanan instan buatan pabrik yang biasa dijual dipasar.

Sesekali berilah hewan ini makanan alami seperti cacing, udang, dan lain sebagainya. Dengan memberikan makanan alami, asupan gizi akan terpenuhi sehingga cepat tumbuh besar.

Frekuensi pemberian makan

Biasanya untuk membuat binatang peliharaannya cepat tumbuh dewasa, manusia sering memberikan makanan yang berlebih, namun hal ini justru dapat menimbulkan penyakit bagi ikan cupang. Idealnya kamu bisa memberinya makan 2 kali sehari atau sekali sehari juga tidak apa-apa.

Salah satu jenis hewan peliharaan yang saat ini diminati banyak orang adalah ikan cupang. Binatang ini memiliki keistimewaan pada warna tubuhnya. Selain itu ekornya juga menentukan harga jual binatang ini. Kamu harus mengetahui cara merawat ikan cupang agar bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *