Tips Penting dalam Membangun Kebun Hidroponik

Tips Penting dalam Membangun Kebun Hidroponik

Untuk Anda yang sedang mencoba menanam tanaman hidroponik, maka Anda mungkin akan membutuhkan banyak tips untuk memudahkan percobaan hidroponik pertama Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips hidroponik yang wajib Anda tahu.

Tips pencahayaan

Salah satu tips yang akan kami bahas mengenai hidroponik adalah mengenai pencahayaan yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik Anda. Tanaman hidroponik yang bisa dikonsumsi biasanya akan membutuhkan cahaya matahari sebanyak 6 jam setiap hari.

Akan tetapi Anda juga bisa memberikan cahaya hingga 12 atau 16 jam untuk penyinaran yang lebih maksimal. Jika Anda berencana untuk melakukan hidroponik secara profesional untuk bisnis makanan sehat, maka Anda bisa menggunakan timer untuk mengeset waktu penyinaran sehingga kualitas tanaman Anda tetap terjaga.

Tips suhu tanaman

Selanjutnya yang akan kami bahas adalah mengenai ukuran suhu dari tanaman hidroponik Anda. Jika Anda memiliki tanaman hidroponik, pastikan Anda menjaga suhu lingkungan tanaman di 18ºC hingga 25ºC.

Suhu ini adalah suhu ideal untuk tanaman hidroponik Anda dan sangat penting untuk diperhatikan. Jika suhu dari lingkungan hidroponik Anda terlalu tinggi hal ini bisa menyebabkan tanaman hidroponik Anda menjadi kerdil.

Selain itu, jika suhu terlalu panas, air juga akan menjadi lebih panas. Suhu air yang panas ini bisa menyebabkan akar tanaman hidroponik menjadi lebih mudah membusuk.

Tips mengenai kelembaban udara

Tips hidroponik selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai kelembaban udara dari area hidroponik Anda. Kelembaban udara yang dianjurkan untuk ruangan hidroponik adalah sekitar 40% hingga 60%.

Jika level kelembaban udara makin tinggi hal ini akan menyebabkan munculnya bubuk jamur pada tanaman Anda. Hal ini bisa diperparah dengan kondisi sirkulasi udara yang buruk.

Baca Juga :  Sistem Hidroponik, Menanam Tanpa Media Tanah

Untuk ruangan hidroponik yang memiliki kelembaban udara yang rendah Anda bisa memberikan tambahan humidifier, atau sebaliknya jika terlalu tinggi Anda bisa menggunakan dehumidifier untuk menyesuaikan dengan kelembaban udara yang dibutuhkan tanaman Anda.

Tips mengenai udara

Sirkulasi udara merupakan hal yang sangat penting dalam ruang hidroponik Anda. Hal ini disebabkan karena sirkulasi udara akan memasok cukup karbon dioksida yang menjadi salah satu bahan penting untuk pertumbuhan dari tanaman hidroponik Anda.

Tips pemilihan air

Jika bisa, untuk yang ingin memulai bisnis hidroponik pastikan Anda menggunakan air pilihan. Air pilihan ini adalah air yang memiliki jumlah mineral yang rendah. Jika jumlah mineral di dalam air Anda terlalu tinggi, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman Anda tidak akan berfungsi secara efektif untuk tanaman Anda.

Selain memperhatikan mengenai jumlah mineral dalam air yang Anda miliki, pastikan Anda juga memperhatikan mengenai kadar ph yang Anda miliki pada air yang akan digunakan untuk mengairi tanaman hidroponik Anda.

Kadar ph terbaik untuk tanaman hidroponik Anda berkisar antara 5,8 hingga 6,2. Ya, tanaman hidroponik Anda memang lebih membutuhkan air yang sedikit lebih asam, oleh karena itu, jika jumlah hidroponik tidak sesuai Anda bisa menggunakan bahan kimia lain untuk membantu menyesuaikan ph.

Tips mengenai nutrisi hidroponik

Tips hidroponik terakhir adalah mengenai nutrisi yang akan Anda gunakan untuk tanaman hidroponik Anda. Jenis nutrisi untuk tanaman hidroponik ada 2 jenis yaitu yang memiliki bentuk cair dan kering.

Keduanya bisa ditemukan dalam jenis organik atau sintetik. Nah, jenis pupuk inilah yang dibutuhkan. Jadi jangan menggunakan pupuk yang biasa ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *