3 Alasan Tanaman Hias Butuh Lebih Banyak Perhatian

3 Alasan Tanaman Hias Butuh Lebih Banyak Perhatian

Tanaman hias membutuhkan lebih banyak perhatian jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Mengapa? Untuk anda yang ingin tahu mengenai perawatan tanaman hias harus lebih ekstra. Berikut ini adalah ulasannya.

Ruang pergerakan akar yang lebih sempit

Jika anda menanam tanaman di taman, maka akar tanaman bisa bergerak sendiri mencari arah air dan nutrisi yang dibutuhkannya. Sebaliknya ketika anda menanam tanaman dalam pot, maka akar dari tanaman akan sulit menemukan air dan nutrisi dengan lebih bebas.

Tanaman dalam pot hanya akan mendapatkan air dan nutrisi pemberian anda. Hal inilah yang membuat tanaman hias akan membutuhkan lebih banyak perhatian. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, hal lain yang juga menarik adalah ketersediaan tanah.

Jika tidak ada tanah, maka tidak ada air yang bisa diserap dan juga tidak ada unsur hara yang mendukung pertumbuhan dari tanaman. Hal inilah yang membuat ukuran pot dan jumlah tanah sangat penting untuk diperhatikan.

Media tanam tanpa tanah

Ketika membeli tanaman hias dalam pot di toko, biasanya anda akan menemukan bahwa media tanam yang digunakan untuk tanaman hias tersebut tidak memiliki campuran tanah sama sekali.

Sesungguhnya menggunakan campuran media tanam tanpa tanah memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari penggunaan media tanam tanpa tanah ini adalah kecepatan kering yang lebih cepat. Jika media tanam lebih cepat kering jika dibandingkan dengan media tanah pada umumnya.

Akan tetapi campuran media ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tidak memiliki kandungan nutrisi. Hal inilah yang membuat anda harus memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman hias.

Akan tetapi jika ingin membuat tanaman hias lebih sehat, anda bisa melakukan memindah tanaman hias itu dan mengganti medianya dengan mencampurkan tanah. Hal ini mungkin dilakukan tapi bisa juga membuat tanaman hias tidak bertahan lama.

Baca Juga :  Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

Oleh karena itu, jika  belum memiliki pengalaman, coba lakukan dulu perawatan tanaman hias yang dianjurkan seperti memberikan air dan memberikan nutrisi secara teratur agar tanaman hias tidak mati setelah dibeli.

Tidak mengandung mikroba

Selain tidak memiliki unsur hara dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, campuran media yang bisa digunakan untuk tanaman hias biasanya juga sudah disterilkan terlebih dahulu. Sterilisasi ini digunakan untuk memastikan tanaman tidak terserang organisme yang dapat membahayakan tanaman.

Sayangnya dalam proses sterilisasi ini bukan hanya mikroorganisme yang buruk saja yang mati tapi mikroorganisme yang baik dan penting untuk pertumbuhan tanaman juga akan mati. Kabar buruknya ada beberapa nutrisi atau pupuk tanaman yang bergantung pada mikroba yang menguntungkan untuk memproses pupuk sehingga bisa berubah menjadi materi yang mudah diserap oleh tanaman.

Hal inilah yang menyebabkan anda harus mempersiapkan nutrisi tanaman dalam kondisi yang siap dicerna oleh tanaman karena di dalam pot bunga tidak tersedia nutrisi tanaman yang sudah siap untuk diserap.

Kesimpulan

Ketika akan merawat tanaman hias, memang ada lebih banyak hal yang harus anda perhatikan dan lebih banyak ekstra tenaga yang harus anda berikan. Contohnya memindahkan ke pot yang lebih besar dan menambah tanah, dan juga selalu memupuk dengan pupuk yang siap serap. Memang lebih ribet, jadi anda perlu berhati-hati dalam perawatan tanaman hias agar tanaman hias yang anda beli tidak mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *