Cara Merawat Bonsai Pinus, Jenis Bonsai Termahal

Cara Merawat Bonsai Pinus, Jenis Bonsai Termahal

Bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang semakin populer di kalangan masyarakat. Peminatnya yang bermunculan seperti rebung sehabis hujan membawa aneka tanaman hias ini ke pasaran. Alhasil, harga beberapa jenis bonsai melambung tinggi, seperti bonsai pinus.

Jenis Bonsai Termahal

Bonsai pinus dikenal sebagai salah satu jenis bonsai termahal karena sejarahnya yang panjang. Satu Pot bonsai jenis ini diperkirakan harganya antara 500 ribu hingga 1,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 701 juta hingga 18,2 miliar Rupiah.

Berbeda dengan jenis bonsai lainnya, bonsai pinus tidaklah cocok untuk pemula. Karena iklim dan faktor lain yang sangat mempengaruhi kesuburan pohon, bonsai jenis ini paling sulit untuk dipahami, ditata dan dipangkas.

Pengkabelan juga meningkatkan distribusi energi ke seluruh pohon. Namun, hindari meletakkan terlalu banyak kabel sekaligus untuk menghindari kerusakan pada pohon.

Cara Merawat Bonsai Pinus

Cahaya

Pohon bonsai pinus menyukai sinar matahari langsung. Untuk pertumbuhan optimal, pohon bonsai pinus membutuhkan banyak sinar matahari selama beberapa jam sehari.

Semakin banyak cahaya yang diterima pohon, semakin pendek dan padat jarumnya. Jarum panjang yang panjang pada bonsai pinus menandakan bahwa pohon tersebut membutuhkan lebih banyak sinar matahari.

Tanah

Seperti kebanyakan varietas bonsai, bonsai pinus membutuhkan media pot yang dikeringkan dengan baik. Tanah Campuran untuk bonsai ini biasanya di pasaran adalah yang terbaik.

Tanahnya mengandung campuran Akadama atau tanah liat yang ditambang di Jepang, batu apung, kompos pot organik, dan kerikil atau pasir halus. Bonsai pinus dapat mentolerir pH tanah 5,5-6,5.

Baca Juga :  Alasan Harga Tanaman Janda Bolong Terbilang Mahal

Air

Meski menyukai cahaya terang, bukan berarti bonsai pinus hanya dibiarkan kering. Pohon bonsai pinus menyukai lingkungan yang lembab. Namun perlu diketahui bahwa air jangan sampai membanjiri tanah.

Suhu dan kelembaban

Bagi yang sedang mencari tanaman hias dalam ruangan, sayangnya bonsai pinus bukanlah pilihan yang tepat. Ini karena bonsai pinus tidak cocok untuk ditanam di dalam ruangan.

Tanaman hias ini harus ditanam di luar ruangan sepanjang tahun. Jangan khawatir, bonsai ini tak akan layu. Karena bonsai pinus adalah pohon tangguh yang tahan terhadap embun beku.

Namun, harap simpan bonsai di lokasi yang terlindungi. Dengan cara ini, tanaman hias ini dapat bertahan dari cuaca musim dingin yang sangat buruk.

Pupuk

Untuk bonsai pinus yang sehat, pemupukan secara teratur diperlukan untuk mencapai pertumbuhan dan penampilan yang optimal.

Berikan pupuk bonsai dan pupuk bonsai organik untuk hasil terbaik. Namun, hindari penggunaan pupuk kaya nitrogen.

Pemangkasan

Pemangkasan yang benar sangat penting untuk kecantikan dan kesehatan pohon bonsai. Penting untuk membentuk bonsai pinus sejak usia dini untuk membentuk struktur cabang yang kuat.

Secara umum, dalam hal kebiasaan pertumbuhannya, spesies pinus dominan di bagian apikal. Artinya, mereka tumbuh dengan kuat pada bagian atas dan di luar pohon.

Bonsai pinus yang dipangkas dengan buruk akan membuat penampilan tidak seimbang. Mereka hanya akan tumbuh lebih sempurna di sekitar tepi luar cabang, yang tidak sesuai dengan estetika bonsai.

Memilih Pot dan Repotting

Repotting bukanlah keharusan untuk bonsai pinus. Bergantung pada umur pohon, bonsai pinus biasanya hanya perlu direpot setiap 2-5 tahun. Ini akan merevitalisasi tanah dan pemangkasan akarnya dapat mencegah pohon terikat ke akar.

Baca Juga :  Menanam Bunga dengan Cara Hidroponik

Yang terbaik adalah menanam bonsai pinus segera setelah kuncup mulai mengembang. Saat memilih pot baru untuk pohon bonsai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Umumnya, untuk pertimbangan fungsional dan estetika, tinggi dan lebar pot bunga tidak boleh melebihi 2/3 pohon.

Selain itu, warna merupakan faktor penting lainnya dalam memilih pot bonsai. Aturan umumnya adalah warna pot bunga harus sesuai dengan warna bagian pohon. Tujuannya agar tercipta harmoni antara pot bunga dan pohon.

Namun, aturan tradisional ini bersifat opsional. Secara teknis, pohon bonsai bisa ditanam dalam berbagai wadah. Namun perlu diingat, pot bunga harus memiliki alat drainase yang cukup, dan ukuran serta kedalaman pot harus disesuaikan dengan ukuran pohonnya.

Hama

Spesies bonsai pinus rentan terhadap banyak hama dan penyakit biasa. Oleh karena itu, diperlukan perawatan ekstra agar hal tersebut tidak terjadi.

Umumnya hama yang menyerang pohon adalah kutu daun, laba-laba merah, dan ulat. Selain itu, penyakit umum yang sering terjadi adalah kebusukan pada akar.

Akar yang rusak ini biasanya disebabkan oleh air yang berlebihan atau kurangnya drainase yang baik. Itu juga rentan terhadap penyakit jamur.

 

Source : cnbcindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *