Menanam Bunga dengan Cara Hidroponik

Menanam Bunga dengan Cara Hidroponik

Apakah menanam bunga hidroponik mungkin dilakukan? Ya, memang selama ini banyak orang hanya menanam sayur dalam kegiatan hidroponik mereka.

Akan tetapi ternyata ada juga cara untuk menanam bunga secara hidroponik. Untuk tahu ulasan lengkapnya, berikut ini adalah ulasannya.

Keuntungan menanam bunga dengan cara hidroponik

Taman hidroponik merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan area tanam kecil agar lebih maksimal. Akan tetapi selain dapat membantu efektifitas penggunaan lahan, penggunaan sistem hidroponik untuk menanam bunga juga membantu Anda untuk mendapatkan panen bunga lebih cepat.

Ya, dengan menggunakan sistem hidroponik, Anda bisa membuat tanaman berbunga lebih cepat. Hal ini disebabkan karena anda lebih mudah mengontrol nutrisi dan keseimbangan ph dari air. Dengan begitu tumbuhan bisa melakukan pertumbuhan dengan maksimal dan bisa segera berbunga.

Secara umum, taman hidroponik juga lebih minim jamur, hama dan juga rumput pengganggu yang akan mengganggu pertumbuhan bunga. Hal inilah yang membuat pertumbuhan bunga dan tanaman lain dengan cara hidroponik ini makin maksimal.

Nutrisi yang dibutuhkan dalam taman hidroponik untuk bunga

Dahulu nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman hidroponik memang cukup kompleks, akan tetapi sekarang anda bisa memberikan nutrisi dengan sangat mudah untuk taman hidroponik. Nutrisi dari hidroponik ini bisa ditemukan dalam 2 bentuk yaitu bentuk cair dan juga bentuk bubuk.

Bentuk nutrisi hidroponik ini membuat pupuk lebih mudah larut ke air sehingga dapat menutrisi lebih maksimal. Sekarang anda juga bisa menemukan nutrisi hidroponik yang dibuat dengan menggunakan bahan alami sehingga membuat hasil panen hidroponik menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga :  Persiapan Menanam Hidroponik Agar Tumbuh Subur

Selain memberikan pupuk dalam bentuk cair dan bubuk, hal lain yang penting juga untuk diperhatikan dalam pemberian nutrisi untuk bunga hidroponik adalah mengenai ph air yang Anda gunakan untuk mengaliri taman hidroponik.

Untuk memastikan ph sesuai keinginan, bisa menggunakan bahan tambahan seperti dolomit untuk memperkaya unsur hara dalam campuran air dan nutrisi tanaman hidroponik.

Jenis bunga yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik

Meski menanam bunga dengan menggunakan sistem hidroponik sangat menguntungkan, tapi perlu diketahui bahwa tidak banyak bunga yang ditanam dengan cara ini. Biasanya bunga yang ditanam dengan cara hidroponik ini adalah bunga yang umum digunakan pada florist.

Beberapa varietas bunga hidroponik ini antara lain adalah bunga anyelir, aster, bunga snapdragons, dan juga bunga lisianthus. Bunga yang disebutkan di atas merupakan jenis bunga yang rawan terhadap kondisi media tanamnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, maka bunga-bunga ini akan lebih mudah terserang jamur. Hal inilah yang menyebabkan bunga-bunga tersebut lebih cocok ditumbuhkan di media hidroponik.

Dengan menggunakan cara hidroponik ini, maka kondisi lingkungan dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan bunga sehingga nutrisi yang didapatkan oleh bunga lebih maksimal dan pertumbuhan bunga menjadi lebih cepat.

Penutup

Jenis bunga yang sudah disebutkan sebelumnya memang jenis bunga yang terbaik untuk di taman pada lahan hidroponik. Akan tetapi untuk yang penasaran dengan jenis bunga lainnya, jangan ragu untuk mencoba menanam tanaman bunga lain dengan menggunakan gaya hidroponik ini.

Oh ya, untuk memaksimalkan pertumbuhan dari bunga, pastikan Anda tidak lupa untuk memotong cabang tanaman yang tidak penting sehingga nutrisi bisa lebih fokus pada pembentukan bunga hidroponik Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca Juga :  Tips Penting dalam Membangun Kebun Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *