Ekspor ke Inggris, Pemerintah Andalkan Komoditas Ini

Ekspor ke Inggris, Pemerintah Andalkan Komoditas Ini

Kementerian Perdagangan mengandalkan tiga produk pertanian untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Inggris. Ketiga komoditas tersebut adalah kopi, teh dan kakao.

Kasan, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag , mengatakan masa pemulihan pandemi Covid-19 harus memicu pelaku komersial untuk memaksimalkan ekspor ketiga komoditas tersebut.

Kasan mengatakan dalam webinarnya pada Kamis, 18 Februari 2021: “Kita tentunya, khususnya pada teman-teman pelaku usaha bisa memanfaatkan pasar di London.”

Menurut data Kementerian Perdagangan tahun 2020, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang memasok ketiga komoditas tersebut.

Dari segi kopi, Indonesia menempati urutan ke-11, produk teh menempati urutan ke-20, dan produk kakao menempati urutan ke-6. Nilai ekspor masing-masing komoditas pada tahun 2020 sebesar 25,86 juta dolar AS, 1,88 juta dolar AS, dan 10,7 juta dolar AS.

Kasan juga mengatakan, di Eropa, khususnya Inggris, berbagai tantangan tidak menghalangi pelaku usaha Indonesia untuk meningkatkan nilai ekspor ketiga komoditas tersebut.

Ia yakin para pelaku usaha dapat menggunakan cara-cara khusus terkait dengan sejumlah isu terkait ekspor Indonesia.

Dia berkata: “Tantangan due diligence dan isu sustainability dan environmental, ini sesuatu yang kita bisa penuhi. Saya yakin itu bisa dipenuhi.”

Seperti kita ketahui bersama, neraca perdagangan Indonesia-Inggris pada tahun 2020 adalah 340,6 juta dolar AS. Nilai ekspor 1,3 miliar dolar AS dan nilai impor 942,5 juta dolar AS. Tujuan pemerintah adalah meningkatkan ekspor ke Inggris menjadi 3,8% lagi pada tahun 2021.

 

Source : medcom

Baca Juga :  Hebaaat!! Jengkol Sumbar Tembus Pasar Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *