Tips Pindah Rumah Kucing untuk Meminimalisir Stress

Tips Pindah Rumah Kucing untuk Meminimalisir Stress

Kucing adalah hewan yang tidak menyukai perubahan. Bahkan perubahan yang sangat kecil bisa membuat mereka stres dan menyebabkan perubahan kebiasaan. Hal inilah yang membuat tips pindah rumah kucing akan sangat penting untuk Anda.

Memindahkan kucing ke rumah baru

Memindahkan kucing ke rumah baru adalah salah satu hal yang membuat pemilik kucing merasa sangat khawatir. Hal ini disebabkan karena kucing adalah hewan teritorial. Jika Anda memindahkan kucing ke rumah baru baik itu rumah Anda tahu pindah kepemilikan hal ini bisa membuat kucing Anda merasa stres.

Akan tetapi sesungguhnya Anda tidak perlu khawatir karena kucing Anda sudah pasti akan merasa aman dan nyaman di rumah baru mereka. Akan tetapi Anda mungkin akan membutuhkan effort yang lebih banyak dan juga waktu yang cukup panjang.

Berikut ini adalah beberapa tips yang akan kami rekomendasikan untuk Anda yang berencana memindahkan sahabat bulu Anda ke rumah baru.

Biarkan kucing melakukan eksplorasi

Hal pertama yang penting untuk dilakukan saat Anda mengajak kucing Anda pindah rumah adalah dengan mengajaknya melakukan eksplorasi. Biarkan kucing melakukan eksplorasi ke seluruh ruangan di rumah barunya agar ia merasa lebih aman Anda nyaman.

Siapkan air dan makanan

Hal lain yang akan membuat kucing merasa nyaman adalah ketika ia tahu bahwa ada makanan dan minuman di tempat barunya. Hal ini sangat penting untuk membiasakan diri kucing dengan kebiasaan baru di rumahnya.
Siapkan mainan favorit kucing

Baca Juga :  Kenali Bahasa Tubuh Kucing, Buat Ia Semakin Dekat

Kucing adalah hewan yang sangat aktif. Untuk membuat kucing tetap gembira, maka Anda pasti memberikan banyak mainan untuk kucing Anda bukan? Nah jika kucing akan pindah rumah pastikan Anda membawa mainan favorit dari kucing Anda. Hal ini akan membuatnya merasa lebih nyaman di rumah barunya.

Tempatkan tempat tidur atau selimut kesukaan kucing di rumah baru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing adalah hewan yang lebih nyaman tinggal di wilayahnya. Kucing Anda mungkin akan merasa lebih nyaman di rumah baru jika Anda membawa boks favoritnya atau tempat tidur yang biasa digunakan untuk tidur.

Tinggalkan carrier di rumah baru

Tips pindah rumah kucing ini wajib Anda perhatikan. Jika Anda memindahkan kucing dengan menggunakan carrier, maka letakkan carrier di pojok ruangan paling depan dan buka kandangnya sehingga kucing bisa melakukan eksplorasi.

Ketika kucing akan bereksplorasi pastikan Anda membiarkan carrier ini di lokasi semula. Hal ini penting untuk memberikan rasa nyaman untuk kucing di rumah barunya.

Beberapa kucing biasanya akan menggunakan carrier sebagai tempat bersembunyi di beberapa hari pertama. Oleh karena itu, tinggalkan ia hingga ia merasa siap dan merasa nyaman di rumah barunya.

Pastikan Anda berada di rumah tersebut dalam masa transisi

Ketika Anda akan memberikan kucing Anda pada orang lain, pastikan Anda berada di dalam ruangan di rumah baru kucing untuk sementara waktu. Hal ini digunakan untuk memberikan tanda pada kucing bahwa dia akan baik-baik saja.

Kucing tidak seperti anjing yang memiliki masalah seperti separation anxiety. Akan tetapi kucing bisa merasa stres dengan lingkungan baru mereka. Hal inilah yang membuat Anda perlu berhati-hati saat akan memindahkan kucing Anda ke rumah baru mereka.

Baca Juga :  Kenali Bahasa Tubuh Kucing, Buat Ia Semakin Dekat

Setidaknyaman apapun, kucing akan beradaptasi, ada yang beradaptasi dalam waktu harian, mingguan atau bulanan. Oleh karena itu, lakukan tips pindah rumah kucing di atas untuk memastikan kucing Anda tidak stres terlalu lama saat pindah rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *