French Bulldog dan Boston Terrier, Mirip Tapi Beda

Baik Boston Terrier dan French Bulldog adalah teman yang menyenangkan, memiliki bentuk telinga yang luar biasa dan wajah datar yang mulus.

Keduanya merupakan jenis ras anjing bertubuh kecil namun kokoh ini sangat cocok untuk teman – teman yang berada di daerah urban, karena mereka beradaptasi dengan baik dengan lingkungan perkotaan.

Tetapi ketika melihat mereka berjalan di trotoar, dapatkah kamu membedakan mereka? Meski memiliki kesamaan, coba pelajari lebih dalam dan temukan perbedaan yang menarik.

Perbedaan Fisik

Thomas J. Davis, juri AKC dan mentor dari Boston Terrier Club of America, telah membiakkan dan memamerkan Boston Terrier selama 40 tahun.

Dia mengatakan bahwa orang sering terkecoh antara Boston Terrier dengan French Bulldog, tetapi dia tidak mengerti mengapa itu bisa terjadi? Terutama mengingat mereka memiliki profil, tipe kepala, bentuk dan kontur telinga yang berbeda.

“Satu-satunya kesamaan adalah bahwa telinga mereka tegak, dan mereka berdua sama – sama berjenis brachycephalic (muka datar).”

Sejak 1991, Robin Stansell, ketua pendidikan juri dari French Bull Dog Club of America, telah memamerkan dan membiakkan French Bulldog. Dia percaya bahwa jika French Bulldog memiliki corak yang sama seperti Boston Terrier, maka kedua ras tersebut mungkin akan susah dibedakan.

Namun, selain dari warna, menurutnya mereka bisa dengan mudah dibedakan karena French Bulldog memiliki tulang yang lebih berat dan kokoh, tubuh berbentuk menyerupai buah pir, serta warna dan corak yang lebih beragam.

“Anjing Boston Terrier memiliki corak khas ‘seperti tuxedo’, dan memiliki garis atas horizontal dan gaya berjalan yang berbeda.”

French Bulldog vs Boston Terrier
French Bulldog (kiri) vs Boston Terrier (kanan)

Kesamaan Asal Usul

Karena keduanya merupakan keturunan Bulldog yang lebih kecil, French Bulldog dan Boston Terrier memiliki karakteristik tertentu, seperti tubuh kompak yang kokoh dan moncong pendek.

Menurut Stansell, French Bulldog berasal dari Toy Bulldog dari Inggris selama Revolusi Industri. Ketika produsen mesin renda Inggris digantikan oleh alat tenun mekanis, banyak dari mereka berimigrasi ke Prancis untuk mencari pekerjaan.

Toy Bulldog disukai oleh produsen renda ini karena mereka kecil dan murah untuk dipelihara rumah petak Prancis kecil. Anjing di sana bercampur dengan ras lokal, yang menyebabkan beberapa perubahan fisik pada trah, termasuk telinga tegak.”

Pada akhirnya, pedagang Amerika bertemu dengan ras ini di Prancis dan membawanya kembali ke New York. Anak anjing dengan “telinga kelelawar” menjadi semakin populer.

Stansell menjelaskan: “Ketika seorang juri Inggris memilih hanya French Bulldog dengan ‘telinga mawar’ tradisional dalam pertunjukan Westminster Kennel Club pada tahun 1896, orang Amerika merasa frustrasi. Pada tahun 1897, French Bull Dog Club of America didirikan, Dan merumuskan standar anjing pertama, mendiskualifikasi semua bentuk telinga, kecuali ‘telinga kelelawar’.”

Asal Boston Terrier lebih dekat. Boston Terrier diakui oleh AKC pada tahun 1893 dan berasal dari wilayah Boston di Massachusetts. Davis menjelaskan bahwa jenis anjing Amerika sejati ini awalnya merupakan persilangan antara Bulldog Inggris dan White Terrier yang sekarang sudah punah.

“Mereka dikembangkan untuk anjing petarung baru yang lebih kecil dan lebih atletis. Jelas, ini tidak terjadi, yang mengecewakan peternak pada saat itu. Boston Terrier adalah ras yang penuh kasih dan lembut.”

French Bulldog vs Boston Terrier (2)
Frenc Bulldog (kiri) vs Boston Terrier (kanan)

Sifat dan Keahlian

Menurut French Bull Dog Club of America, French Bulldog tidak sekeras reputasi mereka. Kebanyakan dari mereka melakukan yang terbaik untuk menyenangkan manusia dan dapat dilatih dengan motivasi yang tepat, biasanya berupa makanan.

Ada French Bulldog yang berhasil bersaing dalam kepatuhan, reli dan ketangkasan. Beberapa bahkan berpartisipasi dalam pelacakan, pelatihan atau penggembalaan! Belum lagi kehebatan mereka sebagai anjing terapi.

Stansell berkata bahwa French Bulldog adalah hewan yang sangat menyenangkan untuk diajak hidup berdampingan dengan kita.

“Mereka nakal dan suka bersama anda. Jika diberi kesempatan, mereka akan menjaga aktivitas dan tempat tidur anda! Namun, mereka mungkin tidak ingin berbagi hidup anda dengan anjing lain.”

Boston Terrier Club of America mendeskripsikan Boston Terrier sebagai pembelajar cepat yang unggul dalam  kepatuhan, terapi, kelincahan, dan olahraga anjing seperti FlyBall, dan bahkan angkat beban.

Tapi pekerjaan terbaik mereka adalah menjadi sahabatmu. Mereka dibina untuk menjadi mitra dan karena itu membutuhkan banyak waktu dan energi.

Davis berkata: “Anjing Boston Terrier bukanlah anjing yang berbaring di lantai atau duduk di sudut. Mereka selalu harus membelai anda, duduk di pangkuan anda, menatap mata anda, berbaring di tempat tidur, berpelukan di samping anda, Terkadang di atas bantal atau di bawah selimut. ”

Sekarang, Jika bertemu French Bulldog (badut kecil yang lucu dan berotot) atau Boston Terrier (anjing yang lincah dan cerdas dengan tuksedo permanen), anda dapat membedakan mereka dan menghargai banyak perbedaan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *