Wajib Anda Ketahui !! Dasar Pemupukan Yang Benar

Wajib Anda Ketahui !! Dasar Pemupukan Yang Benar

Berkebun memang mengasyikkan, akan tetapi ketika tanaman yang ditanam tidak bisa tumbuh dengan maksimal, tidak bisa berbunga atau tidak bisa berbuah, maka hal ini pasti akan membuat stres, bukan?

Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai pemupukan yang benar.

Pemupukan tanaman

Memberikan pupuk atau memberikan nutrisi pada tanaman merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa pemupukan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Sebuah tanaman yang dipupuk dengan cara yang salah akan kehilangan kesempatan untuk berbunga dan juga berbuah. Selain itu akan lebih mudah diserang hama tanaman seperti serangga dan juga penyakit tanaman.

Tanaman yang di pupuk dengan baik akan lebih sehat, lebih produktif dan lebih indah. Oleh karena itu, untuk anda yang sedang mempelajari cara memberikan nutrisi yang tepat pada tanaman, berikut ini adalah ulasannya.

Mengapa pupuk penting bagi tanaman?

Pupuk menjadi salah satu bagian di tanaman yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena di masa sekarang ini jarang ada tanah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tanaman untuk bertumbuh dan berproduksi secara maksimal.

Apalagi jika tanaman yang anda miliki sudah ada di sana beberapa waktu. Misalnya Aanda memiliki tanaman tomat yang berbuah dengan buah-buah yang segar dan besar tahun lalu. Tahun ini mungkin anda tidak akan mendapatkan panen yang sama karena nutrisi di tanah sudah digunakan oleh tanaman sebelumnya.

Dengan memberikan nutrisi pada tanah melalui pemupukan, maka anda mengembalikan nutrisi yang ada di tanah dan dibutuhkan oleh tanaman untuk membentuk bunga, daun yang sehat atau bahkan buah.

Baca Juga :  Memilih Pupuk : Organik vs Sintetis

Nutrisi penting untuk tanaman

Untuk yang sedang belajar mengenai nutrisi untuk tanaman. Anda harus tahu bahwa ada beberapa nutrisi penting yang akan dibutuhkan oleh tanaman. Hal ini bisa menjadi dasar pemupukan yang benar untuk diikuti.

Jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman Anda antara lain adalah :

Karbon

Karbon bisa didapatkan oleh tanaman dari udara dengan mengambil unsur karbon sehingga ia akan melepaskan oksigen.

Hidrogen

Hidrogen merupakan salah satu unsur yang didapatkan oleh tanaman dari yang anda berikan pada tanaman ini.

Oksigen

Selain membutuhkan karbon, tanaman juga membutuhkan oksigen. Biasanya oksigen didapatkan oleh tanaman dari air dan juga dari udara.

Nitrogen

Bahan selanjutnya yang dibutuhkan oleh tanaman adalah nitrogen. Nitrogen dibutuhkan untuk tanaman untuk menyerap protein sehingga dapat memproduksi jaringan baru seperti buah dan juga bunga.

Akan tetapi jumlah nitrogen yang terlalu besar juga kurang tepat karena dapat menyebabkan tanaman hias memproduksi daun terlalu banyak dengan tubuh yang terlalu besar tapi tidak menghasilkan bunga.

Fosfor

Fosfor merupakan salah satu bahan yang penting untuk menstimulasi pertumbuhan akar, meningkatkan kesehatan dan juga ukuran biji. Agar bisa menyerap unsur fosfor dengan baik tanaman membutuhkan media dengan pH 6.4 hingga 6.8.

Potasium

Potasium juga sangat penting untuk tanaman karena dapat membantu tanaman memproduksi karbohidrat dan membuatnya lebih aman dari penyakit.

Keberadaan nutrisi di atas sangat penting untuk memastikan tanaman tumbuh dengan sehat. Selain beberapa unsur di atas, tanaman mungkin juga akan membutuhkan beberapa nutrisi lain dengan jumlah yang lebih kecil seperti kalsium, magnesium dan juga sulfur.

Memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan dengan jumlah yang tepat merupakan inti dari pemupukan yang benar untuk tanaman hias Anda.

Baca Juga :  Memilih Pupuk : Organik vs Sintetis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *