Barang - Barang Di Sekitarmu Yang Bisa Jadi Pupuk

Barang – Barang Di Sekitarmu Yang Bisa Jadi Pupuk

Pupuk merupakan salah satu unsur hara tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman pertanian. Mudah untuk menemukan pupuk di toko khusus pertanian dan perkebunan.

Jenisnya pun berbeda, dari bubuk hingga cair. Hal yang sama berlaku untuk konten dan manfaat. Jika Anda bingung memilih pupuk, sebenarnya Anda bisa menggunakan pupuk alami daripada membelinya di toko.

Sangat mudah didapat. Karena pupuk alami berasal dari limbah dapur dan limbah rumah tangga. Berikut beberapa diantaranya?

Kulit telur atau cangkang telur

Saat telur direbus, biasanya cangkangnya hanya dikupas dan dibiarkan begitu saja. Mulai sekarang, coba kumpulkan kulit telur. Kulit telur mengandung kalsium yang dapat menurunkan keasaman tanah.

Anda bisa menghancurkan kulit telur dan mencampurnya dengan tanah. Cara lain adalah dengan merendamnya dalam air panas semalaman dan kemudian menggunakan air rendaman tersebut untuk menyiram tanaman.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung kalium, nitrogen, fosfor dan magnesium. Untuk dijadikan pupuk, potong kecil-kecil dan campur dengan tanah.

Cara lainnya adalah dengan menumbuk kulit pisang dan mencampurkannya dengan air. Kemudian, tuangkan ke dalam tanah tanaman hias. Kulit pisang secara perlahan akan membusuk dan melepaskan nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman hias.

Bubuk kopi

Apakah Anda suka kopi hitam? Fakta membuktikan bahwa ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk tanaman hias.

Ampas kopi bisa langsung dicampurkan ke dalam ampas atau direndam dalam air selama seminggu, lalu dituangkan ke dalam tanah tanaman hias.

Kandungan nitrogen yang tinggi pada pupuk alami ini bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman hias.

Air akuarium

Apakah anda memiliki ikan hias air tawar di rumah? Tentu airnya perlu diganti secara rutin, bukan?

Baca Juga :  Wajib Anda Ketahui !! Dasar Pemupukan Yang Benar

Jangan dibuang, lebih baik gunakan air akuarium untuk menyiram tanaman dalam ruangan. Air di akuarium ini kaya akan sisa makanan ikan yang membusuk dan nutrisi alami dari kotoran ikan.

Teh hijau

Selain ampas kopi, ampas teh hijau juga bisa digunakan sebagai pupuk yang baik untuk pemupukan tanaman hias.

Caranya adalah dengan menuangkan ampas teh dengan air panas, lalu dinginkan, lalu tuangkan ke dalam tanah tanaman hias.

Itulah beberapa jenis pupuk alami yang baik untuk tanaman hias (termasuk tanaman merambat). Kelima pupuk alami ini bisa membantu tanaman hias tumbuh sehat dan subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *