Kereen !! Kebun Hidroponik Ultra Violet Binaan PLN
Sumber : website PLN

Kereen !! Kebun Hidroponik Ultra Violet Binaan PLN

Budidaya sayuran tanpa media tanah seperti hidroponik masih menjadi trend pertanian saat ini. Hidroponik merupakan salah satu metode pertanian yang disukai karena tidak membutuhkan banyak lahan.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) melihat peluang produktivitas tinggi dan ikut membudidayakannya. Seperti di kawasan Jakabaring Palembang, PLN memfasilitasi Corporate Social Responsibility (CSR) dengan hidroponik ultraviolet (UV).

Tampak estetis karena tertata rapi, daun-daun yang bermekaran dari berbagai bibit sayuran di taman hidroponik UV terawat dengan baik. Tanah yang memiliki panjang 30 meter dan lebar 8 meter itu menghasilkan caisim, kaylan, selada air, sawi, bayam merah, dan pakcoy.

Sinar UV dapat mempercepat pertumbuhan

Ketika IDN Times mengunjungi lokasi tersebut, rumah demi rumah tempat tanaman sayuran ditanam secara hidroponik dilindungi oleh penutup plastik bening. Setiap lubang yang ditanami sayuran akan menerima aliran air melalui pipa di sisi kiri rumah hidroponik UV.

Aliran air yang berkelanjutan adalah kunci produktivitas hidroponik, yang berasal dari tenaga mesin dan listrik dari PLN. Jangan khawatir tentang keamanan, mesin irigasi bahkan dilindungi oleh drum biru di sepanjang pipa.

Ada delapan rumah hidroponik yang menanam berbagai sayuran di taman. Rumah hidroponik CSR PLN juga akan memiliki dua buah lampu ultraviolet ungu, sebagai pengganti sinar matahari di malam hari.

“Hipotesa kami jika UV bisa mempercepat pertumbuhan. Prinsipnya cuma air, nutrisi, dan matahari tercukupi. Kalau malam tidak ada pancaran sinar matahari, kami ganti dengan UV,” ujar Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Kota Palembang. (UP3), Nanang Prasetyo, Sabtu. (27/2/2021).

Pengembangan proyek percontohan hidroponik UV akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Gub H Bastari. Ada 2.000 lubang dari delapan rumah. Taman Hidroponik UV CSR PLN merupakan proyek percontohan yang direncanakan akan dibangun di sepanjang Jalan Gub H Bastari Jakabaring Palembang.

Baca Juga :  Pemula Wajib Masuk! Apa Itu Hidroponik? Baca Di Sini

Nanang mengatakan program tersebut dimulai pada 2018, meski baru terealisasi hingga akhir 2019. Namun Taman Hidroponik UV Kantor PLN Jakabaring akhirnya dibuat pada tahun 2020. Awal Januari 2021, seluruh sayuran hidroponik sudah dipanen.

“Rencana ke depan kalau kita mendapat support dari BUMN lain dan pemerintah, sama-sama saling gandeng untuk pilot project untuk mengelola lingkungan sepanjang jalan,” ujarnya.

Melalui pilot project UV hydroponic garden, Palembang dapat menjadi kota dengan kawasan pendidikan, tempat ekosistem yang tertata dengan baik bahkan sinergi menjadi tempat edukasi lingkungan yang menjadi daya tarik.

“Selain hidrponik UV, kita juga membuat kolam dari selokan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan. Kami bekerja sama forum DAS dan Ketua Komunitas Hidroponik Sumsel,” jelasnya.

Kantor Taman Hidroponik UV CSR PLN Jakabaring dibangun dengan kayu gelondongan di atas saluran irigasi. Ada aliran air yang menjadi kolam ikan di bawahnya.

“Di bawah rumah hidroponik itu irigasi yang dibuat jadi kolam. Ada ikan nila, lele, dan ikan mas di sana,” ujarnya.

Taman UV hidroponik bisa jadi gambaran kota Palembang

Nanang berharap dengan adanya taman UV Hidroponik dapat menjadikan kawasan tersebut ramah lingkungan ke depannya, masyarakat sekitar dapat meningkatkan perekonomian. Bagi warga yang merawat kebun bisa menjual hasil panen sayur mayurnya.

“Tentunya kalau jadi akan menjadi citra untuk Palembang dan nasional. Kondisi lingkungan di situ saya akui masih kurang menarik. Belum ada daya jual, maka sebaiknya dimanfaatkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pengembangan Taman Hidroponik UV juga akan difokuskan pada BUMN lainnya. Pihaknya masih mengajukan izin dari pemerintah daerah untuk membangun di sepanjang Jalan Gub Bastari Jakabaring.

“Termasuk paparan melalui forum DAS, karena rencananya kita bangun di saluran irigasi, jadi di bawah ada air. Atasnya hidroponik kita maksimalkan agar kualitas airnya bagus,” ujarnya.

Baca Juga :  Sistem Hidroponik, Menanam Tanpa Media Tanah

Keberhasilan pilot project hidroponik UV mampu menciptakan ekosistem ekologi

Nanang memimpikan Perkebunan Hidroponik UV dapat menunjang kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya hasil bumi yang nantinya bisa dijual atau disalurkan melalui sinergi.

Selain itu, Palembang telah terlibat dalam berbagai event nasional dan internasional. Sehingga ketika perluasan kebun hidroponik direalisasikan menjadi ikon baru bagi Bumi Sriwijaya.

“Kalau bisa sinergi antara pemerintah daerah, seluruh BUMN serta perusahaan swasta memberi CSR dalam bentuk hidroponik UV sepanjang jalan. Bisa saling support mengelola dan memberdayakan, ”katanya.

 

Sumber : idntimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *