Bisa Buat Beli Pupuk, Ini Syarat & Cara Dapat BLT Desa

Bisa Buat Beli Pupuk, Ini Syarat & Cara Dapat BLT Desa

BLT Dana Desa merupakan salah satu bantuan sosial (bansos) yang akan dilanjutkan pemerintah pada tahun 2021. Program ini menjadi prioritas penggunaan dana desa untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19 dan memulihkan perekonomian.

Pembagian BLT Dana Desa diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Peraturan lainnya adalah PDTT Permendesa 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa.

“Besaran BLT Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu Rupiah) untuk bulan pertama sampai dengan bulan kedua belas per keluarga penerima manfaat,” tulis PMK pasal 39 tentang besaran BLT Dana Desa. .

Berdasarkan PMK 222/2020 menyebutkan bahwa pemerintah desa berkewajiban menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa sebagai jaring pengaman sosial. Peraturan tersebut juga mengatur persyaratan bagi penerima BLT Dana Desa yang sering disebut dengan BLT Desa.

Persyaratan untuk mendapatkan BLT Dana Desa :

  1. Keluarga miskin atau kurang mampu yang tinggal di desa yang bersangkutan
  2. Tidak termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bansos Tunai (BST), dan bansos pemerintah lainnya
  3. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  4. Jika penerima manfaat adalah petani, BLT Dana Desa dapat digunakan untuk membeli pupuk
  5. Rincian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan keluarga pekerjaan ditentukan oleh peraturan kepala desa
  6. Pendataan KPM BLT Dana Desa memperhitungkan Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) dan Kemensos.
Baca Juga :  Barang - Barang Di Sekitarmu Yang Bisa Jadi Pupuk

Selain persyaratan penerima, pemerintah juga telah memberikan informasi cara mendapatkan BLT Dana Desa di tautan berikut. Penerima BLT Dana Desa didaftar oleh relawan desa yang mendapat surat tugas dari kepala desa.

Cara mendapatkan BLT Dana Desa:

  1. Terdata oleh relawan desa memiliki surat tugas dari kepala desa
  2. Jumlah minimum register adalah tiga atau lebih dalam bilangan ganjil
  3. Pencatatan dilakukan di tingkat Rukun Tetangga (RT)
  4. Yang dimaksud keluarga miskin yang berhak mendapatkan BLT Dana Desa adalah keluarga yang memenuhi minimal 9 dari 14 kriteria Kementerian Sosial.
  5. Semua aktivitas Petugas Pendaftaran wajib dilaporkan kepada Kepala Desa Relawan Penanggulangan COVID-19.
  6. Dokumen hasil pendataan dibahas dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk validasi, finalisasi dan penetapan data penerima BLT Dana Desa.
  7. Dokumen tersebut termasuk dalam laporan resmi yang ditandatangani oleh kepala desa dan perwakilan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
  8. Dokumen berikut ini diserahkan kepada bupati atau walikota yang dapat dilimpahkan kepada camat untuk mendapatkan persetujuan
  9. Kepala desa kemudian menyampaikan surat pemberitahuan kepada penerima BLT Dana Desa dan melaporkan ringkasan data diseminasi ke kabupaten atau dewan kota.
Baca Juga :  Memilih Pupuk : Organik vs Sintetis

 

Source : detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *