Lucu nan Imut, Berikut Beberapa Jenis Kelinci Anggora

Lucu nan Imut, Berikut Beberapa Jenis Kelinci Anggora

Kelinci anggora adalah varietas kelinci dengan ciri berbulu lebat dan tebal. Biasanya dipelihara atau diternak untuk diambil bulunya atau wol. Bulu kelinci anggora dikenal dengan teksturnya yang lembut dan halus.

Kelinci jenis ini diketahui berasal dari Ankara, Turki. Daerah ini juga dikenal sebagai asal muasal kucing anggora dan kambing anggora.

Wol kelinci anggora berkembang di negara-negara dengan iklim dingin, seperti Eropa dan Amerika. Bulu kelinci anggora dipanen setiap 4-5 bulan dengan cara dicukur atau dicabut.

Cara menghilangkan bulu kelinci memang menjadi kontroversi di kalangan pecinta hewan karena diyakini dapat melukai hewan. Kelinci anggora banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan di Indonesia.

Jenis -Jenis Kelinci Anggora

Ada beberapa jenis kelinci anggora yang populer di Indonesia yaitu Anggora Inggris, Anggora Prancis, Anggora Giant, dan Anggora Satin. Ada juga persilangan lain yang kurang populer, seperti Anggora Jerman, Anggora Korea Selatan, dan Anggora Swiss.

Baca Juga :  5 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

Selain itu, banyak peternak yang mengawinkan kelinci anggora dengan ras lain sehingga melahirkan banyak varietas persilangan.

Kelinci Anggora Inggris (English Angora)

Anggora Inggris merupakan ras terkecil dibandingkan dengan kelinci anggora lainnya. Kelinci dewasa memiliki berat sekitar 2,3-3,2 kg. Anggora Inggris adalah jenis yang paling disukai sebagai hewan pertunjukan.

anggora inggris

Bulunya tebal dan tumbuh hingga ke telinga dan wajah. Anggora Inggris membutuhkan perawatan harian yang intensif. Tidak direkomendasikan untuk pemula.

Bulu bulu halus yang panjang dan halusnya mudah kusut dan harus dibersihkan secara teratur karena mudah rontok.

Kelinci Anggora Perancis (French Angora)

Anggora Perancis memiliki bobot tubuh sekitar 3,4 – 4,8 kg. Bulunya tumbuh panjang dan bulunya tumbuh dengan cepat.

anggora perancis

Anggora Perancis memiliki warna bulu yang beragam. Perawatan kelinci French anggora tidak seintensif Anggora inggris. Cocok untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan bagi pemula.

Kelinci Anggora Raksasa (Giant Angora)

anggora giant merupakan hasil persilangan antara anggora dan giant flemish. Seperti namanya, Anggora raksasa memiliki tubuh terbesar, kelinci dewasa bisa mencapai 5 kg.

Baca Juga :  Cara Merawat Kelinci Anggora,Perhatikan Hal- Hal Ini

anggora raksasa

Warna bulunya putih, jenis ini adalah pilihan wolnya yang disukai. Karena tubuhnya yang besar, hasil wol lebih tinggi dari jenis lainnya. Mantelnya tidak mudah rontok, jadi dia harus dicukur untuk memanennya.

Kelinci Anggora Satin (Satin Angora)

Anggora satin memiliki berat sekitar 3 – 4,3 kg, dipelihara untuk diambil wolnya. Kelinci anggora satin hadir dalam berbagai warna. Jenis wol jenis ini disukai oleh industri karena mudah dipintal.

anggora satin

 

Kamu suka yang mana? yang pasti kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk merawat kelinci anggora. Kamu juga harus bisa menggerakkan dan menggendong kelinci dengan posisi berbeda untuk menjangkau seluruh bagian tubuhnya.

Dia kemungkinan besar akan merasa tidak nyaman jika kamu mencoba menyentuh merawat perut, kaki, dan wajahnya. Dia tidak akan duduk diam saat kamu memegang cakarnya untuk memotong kukunya. Ini mengharuskan kamu untuk mengayunnya dengan aman agar dia tidak melukai dirinya sendiri saat mencoba melarikan diri.

Kelinci anggora memiliki kaki yang sangat kuat yang dapat melukai kita jika dia memberontak. Mereka cukup kuat sehingga bisa mematahkan punggungnya sendiri jika diangkat/ditangani dengan tidak benar dan mencoba memberontak.

Baca Juga :  Cara Merawat Kelinci Anggora,Perhatikan Hal- Hal Ini

Pada dasarnya, kelinci anggora bukanlah pilihan bijak untuk pemula. Namun, kami akan memberikan cara mudah merawat kelinci anggora pada artikel mendatang yang bisa kamu pelajari agar tidak salah menangani mereka yang memang butuh perlakuan khusus.