Cara Merawat Kelinci Anggora,Perhatikan Hal- Hal Ini

Cara Merawat Kelinci Anggora,Perhatikan Hal- Hal Ini

Kelinci anggora bersifat jinak dan kurang lincah dibandingkan jenis kelinci lainnya. Bulunya yang tebal dan panjang menjadi daya tarik tersendiri untuk digunakan sebagai hewan peliharaan.

Memelihara kelinci anggora membutuhkan kesabaran, terutama dalam hal kebersihan bulunya. Hal utama yang harus diperhatikan saat merawat kelinci anggora antara lain:

Makanan

Meskipun kelinci pada dasarnya adalah pemakan tumbuhan, untuk memelihara kelinci anggora kamu harus menambahkan pakan pelet. Biasanya makanan pabrik mengandung nutrisi yang seimbang untuk memastikan pertumbuhan kelinci dan bulunya yang indah.

Kadang juga bisa disajikan bahan makanan hijau seperti sayuran. Makanan yang diberikan harus dilayukan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air. Dikhawatirkan sayuran segar yang masih memiliki kandungan air yang tinggi akan menyebabkan kembung atau diare.

Sayuran sebaiknya hanya diberikan sesekali, misalnya 2-3 kali seminggu. Buah-buahan dan sayuran berserat tinggi seperti kembang kol, kubis, dan brokoli dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare.

Pada kelinci anggora, sayuran ini juga bisa mempengaruhi kualitas bulunya. Kelinci menyukai wortel karena kandungan airnya sangat sedikit. Pemberian wortlel sesekali diberikan sebagai “hadiah”.

Baca Juga :  Lucu nan Imut, Berikut Beberapa Jenis Kelinci Anggora

Untuk menjaga kualitas bulunya, kelinci anggora biasanya diberi pakan jerami kering. Jerami dapat menghentikan penyumbatan internal pada rambut (wool block). Selain itu kita juga bisa memberikan tablet pepaya atau vitamin lain untuk mencegah penyumbatan wol.

Kebersihan

Merawat kelinci anggora membutuhkan perhatian yang lebih dibandingkan kelinci berambut pendek. Kebersihan bulunya memang perlu diperhatikan. Bulu panjangnya harus disisir secara teratur untuk menghindari kusut.

Rambut yang rontok harus disingkirkan. Kandang kelinci harus kering dan tidak lembab. Pengumpulan kotoran dan urine harus dibersihkan setiap hari.

Kelinci anggora dewasa bisa dimandikan, namun proses memandikannya harus dilakukan dengan lembut. Mandi harus di pagi yang cerah. Siapkan dua mangkok air hangat untuk mandi dan bilas. Gunakan sampo khusus kelinci atau jika tidak tersedia bisa menggunakan sampo kucing.

Siapkan juga handuk kering dan pengering rambut jika memungkinkan. Setelah kelinci selesai dicuci, keringkan dengan handuk dan pengering rambut. Jika memungkinkan, biarkan mengering di bawah sinar matahari pagi beberapa saat. Jangan biarkan kelinci berada di dalam air terlalu lama.

Baca Juga :  5 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

Kesehatan

Tidak banyak masalah kesehatan dalam memelihara kelinci. Kelinci biasanya sakit karena perut kembung atau diare. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Rabies adalah penyakit lain yang mungkin dapat ditularkan ke hewan atau manusia lain. Ini ditandai dengan bercak putih di telinga bagian dalam.

Reproduksi

Kehamilan kelinci anggora sekitar 30 hari, bisa melahirkan banyak anak sekaligus, sama seperti kelinci jenis lainnya. Sebaiknya kelinci jantan tidak dikumpulkan dengan yang lain, kecuali untuk tujuan breeding (perkawinan).

Kelinci jantan dewasa yang disatukan dalam satu kandang bisa berkelahi. Bahkan jika dikombinasikan dengan kelinci muda atau anak kelinci, ia bisa berkelahi sampai ada yang mati. Kelinci anggora bisa hidup hingga 10 tahun, bahkan bisa lebih jika dirawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *