Manfaat Lidah Buaya Untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk
Source : freepik

Manfaat Lidah Buaya Untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk

Lidah buaya dihargai di dunia kesehatan dan perawatan kulit alami karena kemampuannya untuk menyembuhkan, menenangkan, dan menyegarkan. Orang Mesir bahkan menyebut lidah buaya sebagai “tanaman keabadian”.

Lidah buaya kaya akan nutrisi, enzim dan antioksidan yang memberi kita banyak manfaat ketika dikonsumsi secara langsung dimakan atau dalam bentuk olahan (serum, ekstrak, dll), termasuk meningkatkan hidrasi, pencernaan, regenerasi sel, penyembuhan luka dan banyak lagi.

Ternyata, lidah buaya juga dapat memberikan banyak manfaat yang sama untuk tanaman. Ya, kita bisa menggunakan lidah buaya sebagai pupuk organik untuk memberi nutrisi untuk tanaman lain.

Baca terus untuk mengetahui cara membuat pupuk organik buatan sendiri dengan bahan lidah buaya. Kami membahas manfaat lidah buaya dan bagaimana kita dapat menggunakannya pada tanaman hias dengan cara soil drench (menyiram tanah) atau foliar spray (penyemprotan daun).

Kita bahkan bisa menggunakannya pada tanaman hias dalam ruangan! Pupuk lidah buaya buatan sendiri cepat dan mudah dibuat dengan daun lidah buaya segar atau bubuk lidah buaya. Hasilnya adalah solusi seperti makanan super yang lembut namun efektif yang akan disukai tanaman kita.

Manfaat Aloe Vera sebagai Pupuk Organik

Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Lidah buaya (A. barbadensis) sangat kaya akan nutrisi. Studi menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung lebih dari 75 senyawa bermanfaat, termasuk asam amino, antioksidan, karbohidrat kompleks, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, C, E, vitamin B dan banyak lagi.

Saat dicampur dengan pupuk organik buatan sendiri, tanaman kita akan menerima tambahan nutrisi yang lembut namun ampuh. Pupuk lidah buaya dapat meningkatkan perkecambahan benih dan perkembangan akar yang cepat, meningkatkan kekuatan sel dan berkontribusi pada kesehatan, pertumbuhan, dan kekuatan tanaman yang unggul secara keseluruhan.

Faktanya, lidah buaya sangat baik dalam mendorong pertumbuhan sehingga sering digunakan sebagai hormon perakaran alami, yang digunakan untuk membantu stek membuat akar baru. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai hormon perakaran, ini yang perlu dilakukan :

  1. Celupkan batang yang dipotong ke dalam gel lidah buaya murni lalu tanam
  2. Rendam potongan tersebut dalam pupuk lidah buaya (seperti yang akan kita pelajari cara membuatnya nanti) selama 6-12 jam sebelum tanam, atau
  3. Rendam media tanam dalam pupuk lidah buaya. Kami juga memeras lidah buaya segar ke dahan pohon buah yang patah, membalutnya dan sembuh!
Baca Juga :  Cara Membuat Pupuk Cair Lidah Buaya (Soil Drench)
Potongan Lidah Buaya
Source : homesteadandchill.com

Meningkatkan Daya Tahan

Lidah buaya juga mengandung enzim dan hormon tanaman yang membantu mengurangi shock saat transplantasi dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan, stres, dan penyakit.

Misalnya, kadar acemannan dan saponin yang tinggi dalam lidah buaya memberikan sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Ini membantu melindungi tanaman dari patogen, termasuk mikroba berbahaya, jamur, ragi, jamur atau hawar api.

Terakhir, kandungan asam salisilat yang tinggi yang secara alami ditemukan dalam lidah buaya berperan besar dalam kekuatan penyembuhannya. Kamu mungkin pernah mendengar tentang asam salisilat sebelumnya; ia sering ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk melawan noda.

Dengan cara yang sama, asam salisilat meningkatkan sistem kekebalan versi tanaman (dikenal sebagai respons kekebalan sistemik) yang akan membantu mereka menangkal penyakit.

Kombinasi dari semua ini mengarah pada tanaman yang lebih bahagia dan lebih sehat yang lebih tahan penyakit, tekanan hama dan faktor lingkungan seperti pemindahan, kekeringan, pendinginan, panas, kontaminasi tanah dan banyak lagi.

Menggunakan pupuk lidah buaya di kebun

Pertama, jenis lidah buaya apa yang sebaiknya kita gunakan untuk membuat pupuk organik? Cara terbaik adalah menggunakan Aloe barbadensis jika memungkinkan; satu-satunya jenis lidah buaya yang dapat dimakan dan paling banyak digunakan sebagai obat.

Baca Juga :  Memilih Pupuk : Organik vs Sintetis

Lidah buaya memiliki banyak khasiat obat dan sering dijual untuk penggunaan topikal untuk mengobati luka bakar, gigitan serangga, dan kondisi kulit lainnya.

Sekarang ada dua cara memberi makan tanaman dengan pupuk lidah buaya: dengan metode soil drench (perendaman tanah) atau metode foliar spray (penyemprotan daun). Metode paling sederhana adalah mencampurkan lidah buaya ke dalam air, mengencerkannya lebih lanjut, dan kemudian menggunakan larutan tersebut untuk menyirami tanaman (metode soil drench).

Tanaman kemudian menyerap semua nutrisi melalui sistem akarnya. Di sisi lain, kita juga bisa menyemprotkan lidah buaya yang telah diencerkan langsung ke daun tanaman (metode foliar spray). Semprotan daun memudahkan tanaman untuk menyerap nutrisi langsung ke dalam sistem vaskularnya, meskipun dibutuhkan sedikit usaha untuk menyiapkan dan mengaplikasikannya.

Lanjut Baca :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *