Cara Membuat Pupuk Cair Lidah Buaya (Foliar Spray)
Source : freepik

Cara Membuat Pupuk Cair Lidah Buaya (Foliar Spray)

Ada dua cara memberi nutrisi tanaman dengan pupuk lidah buaya: dengan metode soil drench (perendaman tanah) atau metode foliar spray (penyemprotan daun).

Kali ini kita akan membahas metode yang ke dua, yaitu menyemprotkan lidah buaya yang telah diencerkan langsung ke daun tanaman (metode foliar spray).

Semprotan daun memudahkan tanaman untuk menyerap nutrisi langsung ke dalam sistem vaskularnya, meskipun dibutuhkan sedikit usaha untuk menyiapkan dan mengaplikasikannya. Berikut cara mudah membuatnya :

Mencampur bahan semprotan daun

Seperti halnya metode soil drench, kita bisa membuat semprotan daun lidah buaya menggunakan daun lidah buaya segar, gel lidah buaya murni , atau bubuk lidah buaya murni yang dicampur air.

Gunakan rasio pengenceran yang sama: sekitar 1/4 cangkir gel lidah buaya murni per 1 galon air, atau 1/8 sendok teh bubuk lidah buaya kering. Kami mencampur bubuk dan air ke dalam penyemprot, kemudian dikocok agar tercampur.

Berbeda dengan metode soil drench, menggunakan daun lidah buaya utuh dapat dengan mudah menyumbat penyemprot. Oleh karena itu, perlu untuk mengupas kulitnya dan hanya menggunakan bagian dagingnya atau bagian dalam dari lembarannya.

Baca Juga :  Wajib Anda Ketahui !! Dasar Pemupukan Yang Benar

Singkatnya, potong di sepanjang tepi luar daun, dengan hati-hati kupas bagian atas (lebih rata) dari kulit dan keluarkan daging bening bagian dalam dengan sendok.

Kupas lidah buaya, ambil bagian dagingnya saja
Source : homesteadandchill.com

Pertama, Masukkan semua dagingnya (setelah dikupas) bersama air ke dalam blender (aduk rata), Kemudian campurkan dengan lebih banyak air dalam penyemprot jika dirasa kurang encer.

Mengaplikasikan semprotan daun lidah buaya

Sebaiknya gunakan semprotan daun (dalam bentuk apa pun) di pagi hari atau di malam hari setelah matahari terbenam. Jangan membasahi daun jika tanaman terkena sinar matahari langsung, karena dapat meningkatkan risiko daun terbakar atau terbakar sinar matahari.

Kocok penyemprot yang penuh dengan pupuk lidah buaya, lalu semprotkan. Basahi daun sampai menetes. Coba juga untuk mengenai bagian bawah daun.

Terapkan kembali setiap minggu untuk tanaman yang membutuhkan perhatian ekstra khusus atau setiap bulan untuk perawatan tanaman biasa. Kita juga bisa menambahkan sedikit bubuk lidah buaya dalam penyemprotan pupuk organik ini pada daun.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *