Tips Merawat Janda Bolong, Perhatikan 5 Hal Ini

Tips Merawat Janda Bolong, Perhatikan 5 Hal Ini

Mengoleksi tanaman hias adalah salah satu cara untuk menghibur diri di masa pandemi. Apalagi, di masa pandemi, berbagai tanaman hias kerap diburu para kolektor, sehingga harganya tidak murah lagi.

Salah satu tanaman hias yang populer di masyarakat adalah tanaman hias monstera atau lebih dikenal dengan nama janda bolong.

Janda bolong adalah tanaman hias tropis yang populer, sangat cocok untuk anda yang menghuni rumah minimalis. Tanaman yang juga dikeal dengan nama monstera ini memiliki daun berlubang oval tidak beraturan. Tahukah anda, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan lho.

Jika anda ingin merawat tanaman hias janda bolong, berikut kami bagikan tips-nya:

1. Perhatikan kondisi tanah

Tips pertama merawat janda bolong adalah dengan memerhatikan tanah yang digunakan sebagai media tanam. Tanaman janda bolong itu sendiri paling baik ditempatkan di pot dengan tanah gambut dan lubang drainase yang besar. Diketahui,  gambut dapat mempertahankan kelembaban tanah tanpa membanjiri tanah.

Baca Juga :  Cara Repotting Bonsai, Proses 'Pindah Rumah' Bonsai

2. Kasih pupuk

Pemupukan adalah hal lain yang perlu anda lakukan saat merawat tanaman janda bolong. Pemupukan sendiri dapat membuat tanaman tumbuh lebih subur, dan bunga menjadi makin apik.

Pemupukan biasanya dilakukan pada awal penanaman (pupuk dasar) dan saat tanaman tumbuh besar (pemupukan lanjutan). Melalui pemupukan, tanaman janda bolong akan subur dan sehat, serta dapat mencegah berbagai penyakit tanaman yang sewaktu-waktu dapat menyerang.

3. Letakkan di tempat teduh

Panas matahari dan tanah kering membuat tanaman layu. Ya, daun Janda Bolong akan layu, menguning, lalu gugur jika terkena panas matahari secara terus-menerus. Inilah mengapa salah satu tips merawat janda bolong adalah dengan meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau bersuhu 23-30 derajat.

4. Siram dua kali sehari

Jika hujan, tanaman janda bolong tidak perlu disiram. Megapa demikian? Air hujan adalah serum alami, dan air hujan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Namun, jika tidak hujan, anda disarankan untuk menyiram janda bolong dua kali sehari.

Baca Juga :  Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

5. Kelembaban

Kelembaban janda bolong harus diperhatikan lebih dari tanaman hias lainnya. Ingat, janda bolong memiliki habitat asli yang kaya kelembaban di Amerika Tengah dan Selatan.

Jaga kelembapan ruangan yang sedang atau tinggi agar janda bolong bisa tumbuh dengan baik ya. Tingkat kelembaban di atas 90 persen biasanya bekerja paling baik, tetapi tingkat kelembaban di atas 60 persen mungkin juga menyehatkan janda bolong.