Cara Membasmi Hama Semut pada Tanaman Cabai

Cara Membasmi Hama Semut pada Tanaman Cabai

Cabai merupakan tanaman sayuran yang bisa dijadikan pilihan untuk ditanam di halaman rumah. Selain mudah tumbuh, tanaman cabai juga mudah dirawat.

Sayangnya, tanaman cabai sering diganggu oleh hama yang menyerangnya. Salah satu hama tanaman yang sering muncul saat seseorang menanam cabai adalah semut.

Kedatangan semut ini dapat mengganggu kesehatan tanaman cabai, sehingga diperlukan cara khusus untuk mengatasinya.

Dampak semut terhadap tanaman cabai

Kedatangan semut pada tanama cabai bisa saja terjadi saat tanaman masih berupa bibit di persemaian. Selagi masih berupa bibit, semut akan memusnahkan bibit tersebut dengan cara memakannya.

Sedangkan pada tanaman dewasa, keberadaan semut ini biasanya disebabkan oleh keberadaan kutu daun atau kutu putih. Untuk diketahui, kutu daun bisa menghasilkan cairan manis seperti madu.

Cairan ini sering disebut embun madu. Embun madu ini kemudian menarik semut, yang sekaligus juga mengundang cendawan jelaga.

Baca Juga :  Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Pakai Nasi

Pada saat yang sama, keberadaan semut ini juga berperan sebagai penyebaran kutu daun dan embun jelaga. Akibatnya, kehadiran hama-hama ini dapat menyebabkan daun menggulung sehingga menurunkan kualitas hasil panen.

Cara membasmi hama semut pada tanaman cabai

Sedikitnya ada empat cara membasmi hama semut pada tanaman cabai yang bisa anda terapkan. Berikut di antaranya:

1. Gunakan jus lemon

Cara pertama yakni menggunakan jus lemon yang mana minuman ini disukai sebagian orang karena rasanya yang segar dan cocok diminum saat cuaca panas.

Tapi lain halnya dengan semut yang ternyata tidak suka jus lemon. Nah, jus lemon ini bisa anda jadikan senjata untuk mengusir semut pada tanaman cabai.

2. Gunakan sabun

Cara mengatasi hama semut pada tanaman cabai selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun yang merupakan surfaktan yang biasa digunakan sebagai pembersih kotoran.

Selain sebagai bahan pembersih kotoran, sabun juga bisa digunakan untuk membasmi semut.

Sabun dapat membasmi semut dengan menghancurkan lapisan lilin rangka luar semut, yang dapat menyebabkan serangga mengalami dehidrasi hingga mengakibatkan semut mati tanpa daya.

Baca Juga :  Mudah! Ini Cara Menanam Cabai Merah Secara Umum

Penggunaannya sangat sederhana, cukup semprotkan larutan sabun pada tanaman cabai yang diserang semut

3. Gunakan garam dapur

Garam memiliki banyak fungsi untuk mengusir hama. Biasanya saat sayuran akan dimasak, ia harus direndam terlebih dahulu dalam air garam. Tujuannya agar ulat yang ada di dalamnya bisa keluar dan bahkan mati.

Nah, bahan ini juga bisa membunuh semut dengan cara yang hampir sama. Anda bisa menaburkan garam atau semprotkan larutan air garam langsung ke arah hama semut.

4. Gunakan bubuk kopi

Meski belum ada penelitian yang menunjukkan mengapa semut takut dengan bubuk kopi, tapi secara fakta hama ini memang cenderung menghindari bubuk kopi.

Jadi coba taburkan bubuk kopi pada bagian tanaman cabai yang ada semutnya.