Penyebab & Mengatasi Daun Philodendron Menghitam

Penyebab & Mengatasi Daun Philodendron Menghitam

Daun philodendron memiliki warna hijau mengkilat yang menarik. Selain mudah dibudidayakan, tanaman ini juga populer karena bentuk daunnya yang indah.

Namun, meski mudah dibudidayakan, tanaman philodendron rentan mengalami masalah, terutama pada bagian daunnya. Daunnya sering ditemukan layu dan menguning, bahkan menghitam.

Daun philodendron dapat menghitam karena berbagai penyebab. Seperti sinar matahari, jamur dan irigasi. Berikut penyebab daun philodendron menghitam dan cara mengatasinya.

1. Kelembaban rendah

Habitat asli philodendron berada di iklim tropis dan lebih menyukai area yang lembab. Namun, philodendron sering disimpan di dalam ruangan yang mana udaranya kering.

Kelembaban yang rendah ini menyebabkan penguapan dan respirasi, sehingga kelembaban pada daun menghilang.

Selain itu, area dengan kelembapan rendah juga sering berdebu, sehingga debu dapat menempel pada daun sehingga menimbulkan bintik hitam di permukaan daun philodendron.

Baca Juga :  Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Cara mengatasinya

Singkirkan daun yang menghitam dengan memangkasnya. Kemudian tempatkan philodendron dengan sekelompok tanaman hias lainnya untuk menciptakan iklim mikro yang lembab. Jika ruangan terlalu kering, anda juga bisa menggunakan pelembab ruangan untuk membuat ruangan lebih lembab.

2. Stres akibat panas

Paparan panas yang intens juga tidak bagus untuk perkembangan daun philodendron. Untuk itu, hindari menempatkannya di dekat sumber panas seperti sinar matahari langsung, dekat radiator, perapian dan ventilasi panas.

Panas menyebabkan air menguap dengan cepat, dan di samping itu, panas yang menumpuk di area akar dapat menghambat penyerapan nutrisi dan air.

Cara mengatasinya

Philodendron tumbuh dengan baik pada suhu 21 derajat Celcius. Hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Lebih baik pindahkan ke tempat yang teduh.

3. Perubahan yang tiba-tiba

Angin panas dan dingin akan menyebabkan philodendron mengalami perubahan suhu yang parah sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan daun. Selain itu, angin juga dapat menghilangkan kelembaban dari daun sehingga menjadi hitam.

Baca Juga :  DPP Kota Yogya Kembangkan Tanaman Hias Dengan Kultur Jaringan

Cara mengatasinya

Philodendron lebih menyukai suhu 21-27 derajat celcius. Pastikan ruangan berventilasi baik dan suhu dalam keadaan konstan.

Pindahkan tanaman dari area yang memungkinkan perubahan suhu yang drastis, seperti jendela, radiator, pintu masuk dan lainnya.

4. Pembusukan akar dan batang

Anda dapat mengidentifikasi busuk batang dengan ciri berlendir dan lunak, terutama di pangkal dekat tanah.

Busuk akar dan busuk batang adalah tanda-tanda infeksi jamur akibat penyiraman yang tidak tepat dan berlebihan, sehingga akar dan batang tergenang air.

Cara mengatasinya

Pangkas semua bagian tanaman yang berwarna hitam dan lengket mulai dari akar, batang dan daun.

Jika tanaman kemungkinan dapat diselamatkan, pisahkan dari tanaman lain dan ganti dengan media tanam baru. anda juga dapat menggunakan fungisida organik atau hidrogen peroksida.

5. Hama serangga

Philodendron mungkin dikenal sebagai tanaman hias tahan hama dibandingkan tanaman hias lainnya.

Namun, karena sifatnya yang tumbuh tinggi, tanaman ini kadang-kadang dipenuhi oleh tungau laba-laba.

Jika dibiarkan tidak terkendali, hama ini dapat menimbulkan bintik hitam pada permukaan daun. Seiring waktu, bintik hitam tersebut akan membesar.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Repotting Monstera, Lihat di Sini

Cara mengatasinya

Semprotkan air ke tungau dan hama lainnya yang ada pada tanaman philodendron. Sebagai tips, anda dapat menggunakan semprotan insektisida alami. Lakukan cara ini secara rutin agar tungau tidak kembali lagi.