Baru! Ini Cara Buat Pupuk Tanaman dari Nasi Basi

Baru! Ini Cara Buat Pupuk Tanaman dari Nasi Basi

Pemupukan merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan tanaman. Ada banyak jenis pupuk yang dapat anda gunakan untuk memberikan nutrisi bagi tanaman, dua di antaranya pupuk organik dan kimia.

Pupuk organik cair atau mikroorganisme lokal (MOL) adalah pupuk organik yang mengandalkan organisme lokal.

Pupuk organik cair bisa dijadikan alternatif lain untuk menjaga tanaman tetap aman dari residu kimia yang digunakan untuk proses penyuburan.

Sangat mudah untuk membuat pupuk organik cair karena bahan bakunya bisa berasal dari sampah atau limbah rumah tangga yang sudahdibuang, salah satunya adalah nasi basi atau nasi sisa.

Ya, nasi basi dapat menyuburkan tanaman dan membuatnya berbuah lebat lho. Ada beberapa manfaat pupuk cair organik cair dari nasi basi, di antaranya sebagai berikut:

  • Sebagai starter dalam penguraian atau penghancuran bahan organik
  • Sebagai starter pupuk organik cair yang kaya nutrisi untuk tanaman
  • Memberikan nutrisi tambahan untuk tanaman buah dan sayuran.
  • Membantu akar tanaman menyerap nutrisi dengan lancar karena adanya elektrolit.
Baca Juga :  Tanpa Pestisida, Ini Cara Alami Usir Semut di Tanaman

Lantas, bagaimana cara membuat pipuk organik cair dari nasi basi? Berikut kami bagikan cara membuat pupuk organik cair dari sisa makanan.

Cara membuat pupuk tanaman dari nasi basi

  1. Siapkan nasi basi atau nasi sisa dalam wadah sekitar lima kepal dan simpan di tempat yang sejuk serta jauh dari sinar matahari atau hujan.
  2. Simpan atau diamkan nasi sampai banyak jamur oranye muncul. Munculnya jamur oranye ini menunjukkan bahwa mikroorganisme sudah mulai berkembang biak.
  3. Kemudian, campurkan satu liter air dan lima sendok makan gula pasir ke dalam wadah.
  4. Aduk hingga tercampur.
  5. Setelah itu, tutup wadah dan diamkan selama sekitar satu minggu.
  6. Buka wadah dan aduk campuran tersebut setiap hari. Setelah itu tutup kembali.

Ketika anda mencium aroma fermentasi seperti aroma tape, cara pembuatan pupuk organik cair dari nasi basi ini bisa dikatakan selesai. Campuran tersebut dapat disaring sebelum diaplikasikan ke tanaman.

Takaran penggunaannya pada tanaman ialah dengan menggunakan perbandingan 1:20 dengan air. Setelah dilarutkan dengan air, taburkan ke media tanaman secukupnya.

Baca Juga :  Barang - Barang Di Sekitarmu Yang Bisa Jadi Pupuk

Jangan menyemprotkan pada batang atau daun tanaman ya! Gunakan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.