Tanpa Pestisida, Ini Cara Alami Usir Semut di Tanaman

Tanpa Pestisida, Ini Cara Alami Usir Semut di Tanaman

Sering kali semut hinggap di tanaman. Sebagai pemilik tanaman, wajar jika anda ingin segera menemukan cara yang efektif dan aman untuk membasmi semut tersebut.

Ya, kehadiran hewan yang berkoloni dengan ratunya itu bisa sangat mengganggu pertumbuhan tanaman kesayangan anda.

Keberadaan semut bisa jadi karena ekskresi seperti embun madu di tanah atau kutu daun dan kutu putih pada tanaman pot.

Alih-alih menyemprot tanaman dengan pestisida yang mengandung bahan kimia beracun, anda bisa menggunakan obat alami untuk menghilangkannya.

Cara ini juga pasti akan lebih hemat karena bahan-bahannya tersedia di rumah tanpa harus membeli pestisida di luar.

Simak cara mengusir dan membasmi semut pada tanaman dengan bahan alami:

1. Gunakan kulit jeruk

Ketahuilah, semut sangat tidak suka jeruk. Jadi anda bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan alami untuk mengusir semut pada tanaman.

Baca Juga :  Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Pakai Nasi

Pertama, peras kulit jeruk ke tanaman sampai keluar sari-sarinya untuk membantu mengusir semut.

Untuk membuat pengusir semut berbahan jeruk yang lebih kuat, rebus sejumlah kulit jeruk dalam air selama 15 menit. Haluskan kulit jeruk dan air dalam food processor dan tuangkan campuran tersebut ke sekitar tanaman.

2. Gunakan sabun cuci piring

Daripada membeli sabun insektisida yang tidak aman untuk tanaman dan hewan peliharaan, anda bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai cara alami untuk mengusir semut dari tanaman.

Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam air hangat satu liter dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Aplikasikan campuran tersebut ke sekeliling tanaman yang sering dihinggapi semut.

3. Gunakan rempah-rempah

Rempah-rempah di dapur tidak hanya digunakan untuk memasak atau memberikan manfaat kesehatan.

Rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, bubuk kopi, bubuk cabai dan daun teh mint kering dapat digunakan untuk mengusir semut pada tanaman.

Cukup dengan menyebarkan rempah-rempah yang anda miliki di sekitar pangkal tanaman dan anda akan mengetahui semut menjauhi tanaman tersebut.

Baca Juga :  Baru! Ini Cara Buat Pupuk Tanaman dari Nasi Basi

4. Letakkan tanaman lain yang tidak disukai semut

Menempatkan tanaman lain di sekitar tanaman yang sering dihinggapi semut juga dapat membantu mengusir semut lho.

Terutama tanaman tertentu yang mengeluarkan aroma yang kuat. Ini karena semut mengandalkan aroma untuk berkomunikasi satu sama lain dan menemukan rute baru untuk mendapatkan makanan.

Beberapa tanaman dengan aroma kual seperti lavender, mint dan rosemary dapat membantu mengusir semut. Letakkan salah satu tanaman itu di dekat tanaman yang sering dihinggapi semut!