5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi

5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi

Investasi tanaman menjadi hal yang paling dicari saat ini. Pasalnya, pembatasan sosial yang terjadi menyebabkan banyak orang harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Tak hanya mengandalkan saham atau instrumen investasi lainnya seperti reksa dana, saat pandemi Covid-19 melanda, investasi tanaman juga menjadi tren.

Di sisi lain, merawat tanaman juga bisa menjadi pilihan lain untuk meredakan stres di rumah. Selain itu, berbagai jenis tanaman juga bisa dijadikan instrumen investasi yang menguntungkan.

Beberapa tanaman ini ramah bagi pemula dan tentunyabisa menghasilkan uang saat dijual kembali. Berikut beberapa tanaman yang mudah dirawat dan dapat dijadikan instrumen investasi yang menguntungkan.

1. Janda bolong

Tanaman yang mirip kuping gajah berlubang alami ini memang memiliki nama yang menarik. Di sisi lain, harganya tidak boleh dianggap remeh.

Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Janda Bolong
Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Janda Bolong

Harga jual dihitung per daun, diperkirakan sehelai daun janda bolong ini bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga yang fantastis tersebut setara dengan nilai estetika yang dihadirkan oleh tanaman hias ini.

Baca Juga :  Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

2. Monstera variegata

Jenis tanaman ini hampir mirip dengan janda bolong. Bedanya terletak pada pola daun yang bermotif halfmoon atau marbel.

Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Monstera Variegata
Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Monstera Variegata

Nilai tanaman ini tergantung dari bentuk dan motifnya. Dan, harga monstera variegata bisa mencapai 1 juta di Indonesia. Hal inilah yang membuat tanaman ini dianggap unik dan langka. Cocok juga sebagai investasi di rumah.

3. Aglonema

Aglonema yang cantik memang mencuri hati para pecinta tanaman hias dengan daunnya yang berwarna pink tua.

Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Aglonema
Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Aglonema

Aglonema disebut juga sri rejeki karena dipercaya membawa energi positif, sehingga semakin banyak diburu orang. Harganya mulai dari puluhan ribu rupiah, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah lho.

4. Sukulen

Tidak asing lagi di masyarakat, sukulen terlihat mirip dengan kaktus. Tanaman ini juga memiliki banyak bentuk yang menggugah minat para pecinta tanaman hias.

Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Sukulen
Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Sukulen

Diyakini bahwa keindahan tampilan tanaman ini akan membawa kekayaan dan keberuntungan bagi pemiliknya. Oleh karena itu, harga sukulen seringkali mencapai puluhan juta rupiah.

5. Caladium

Di Indonesia, caladium disebut tanaman keladi. Dari kejauhan, daunnya berbentuk seperti hati. Ada ratusan jenis tanaman hias caladium dengan corak daun yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Tanaman Hias Daun Untuk Percantik Rumah Anda

Beberapa didominasi warna hijau tua dengan aksen putih, sementara yang lain berwarna hijau, putih dan merah muda.

Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Caladium
Tanaman Hias yang Cocok Dijadikan Investasi-Caladium

Tergantung dari jenis dan ketebalan daunnya, harga caladium diketahui berkisar puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah.