Cara Menanam Tanaman Hias di Air, Perhatikan Hal Ini

Cara Menanam Tanaman Hias di Air, Perhatikan Hal Ini

Selain tanah, ada beragam media tanam yang bisa dipilih untuk tanaman hias, salah satunya media tanam air.

Menggunakan media tanam air untuk menanam tanaman hias memiliki kelebihan, mulai dari lebih hemat dan membuat tanaman lebih bersih hingga cocok untuk dekorasi ruangan.

Jika Anda tertarik menggunakan media tanam air untuk bertanam ria, ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa dipilih, seperti janda bolong, sirih gading, syngonium wendlandii dan sri rezeki.

Berikut cara menanam tanaman hias menggunakan media tanam air:

1. Pilih tanaman hias yang tepat

Sebelum menggunakan air untuk menanam tanaman hias, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis tanaman yang sesuai.

Sebab, tidak semua jenis tanaman hias bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik.

Beberapa tanaman hias yang bisa ditanam dengan hidroponik adalah sirih gading, lidah buaya dan lainnya sebagaimana disebutkan di atas.

Baca Juga :  Alasan Harga Tanaman Janda Bolong Terbilang Mahal

2. Pilih dan potong bagian tanaman

Langkah kedua adalah memilih dan memotong bagian tanaman yang akan ditanam menggunakan hidroponik. Pilih bagian tanaman yang berukuran sedang alias tidak terlalu besar.

Bagaimana cara menentukan bagian tanaman yang dapat ditanam? Anda tinggal mencabut batangnya yang memiliki satu atau dua daun dari tanaman hias untuk ditanam.

3. Siapkan wadah

Setelah memilih bagian tanaman yang akan ditanam, anda bisa menyiapkan wadah untuk tanaman tersebut.

Anda bisa menggunakan wadah seperti gelas yang terbuat dari kaca atau toples plastik dan (jangan lupa) sesuaikan ukuran wadah sesuai dengan ukuran tanaman.

Bagian leher wadah yang dipilih harus cukup kuat untuk menahan atau menopang batang tanaman agar berdiri tegak dan tidak layu.

4. Letakkan di tempat yang tepat

Agar tanaman hias yang ditanam di dalam air tetap subur, perlu diperhatikan juga tempat meletakkan wadah yang berisi tanaman hias tersebut.

Sebaiknya letakkan wadah dengan tanaman hias dan air di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Wadah berisi air dan tanaman hias dapat diletakkan di tempat yang hangat dengan suhu yang stabil atau konstan.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Janda Bolong & Cara Merawatnya

Tentunya, peletakkan tanaman hias di media air ini bisa dilakukan sesuai selera, seperti di jendela kamar atau lainnya.