Tanaman Cabai Diserang Tungau, Ini Cara Atasinya

Tanaman Cabai Diserang Tungau, Ini Cara Atasinya

Saat menanam tanaman cabai di rumah, anda perlu mewaspadai kemunculan hama. Salah satunya adalah hama tungau, termasuk tungau laba-laba yang biasa menyerang tanaman cabai.

Cuaca hangat dan kondisi kering menciptakan lingkungan yang ideal untuk siklus reproduksi cepat hama.

Tungau menenun jaring di daun dan mengunyahnya hingga membikin daun itu berlubang. Pada akhirnya membunuh tanaman cabai.

Serangan tidak hanya berhenti di satu tanaman. Serangan tungau dapat menyebar ke tanaman lain di sekitar tanaman cabai.

Untuk menyelamatkan tanaman anda secara keseluruhan, penting untuk membasmi tungau pada tanaman cabai.

Jauhkan tanaman cabai yang terinfeksi dari tanaman yang sehat. Ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan migrasi hama tungau ke tanaman yang sehat.

Namun, kelompokkan semua tanaman cabai yang tidak sehat untuk mengurangi aliran udara melalui kelompok tersebut.

Mengelompokkan tanaman cabai yang tidak sehat akan menciptakan lingkungan yang lebih lembab. Tungau laba-laba diketahui tidak menyukai kelembapan.

Bersihkan jaring laba-laba dan tanda-tanda infeksi tungau laba-laba. Gunakan air dan sabun deterjen ringan untuk menghilangkan bekas dan bersihkan sisa sabun dengan kain lembut.

Baca Juga :  Mudah! Ini Cara Menanam Cabai Merah Secara Umum

Lebih lanjut, anda juga perlu menyemprot bagian bawah daun tanaman cabai. Gunakan insektisida biologis untuk melakukannya.

Solusi ini dapat membunuh tungau pada tanaman cabai tanpa merugikan atau merusak tanaman itu sendiri.

Tingkatkan kelembapan di lingkungan tumbuh cabai untuk mencegah tungau laba-laba. Semprotkan daun tanaman cabai dengan air yang sangat dingin 2 sampai 3 kali sehari untuk meningkatkan tingkat kelembaban di sekitar tanaman.

Pindahkan tanaman cabai ke tempat yang lebih lembab. Jika tanaman cabai diletakkan di pot, letakkan di atas nampan berisi air untuk meningkatkan kelembapan.

Jika anda memiliki tanaman cabai di kebun, tempatkan lumut gambut di antara tanaman untuk meningkatkan kelembaban.

Ketahuilah, matahari sore dengan mudah membiakkan tungau laba-laba. Jika anda tidak dapat memindahkan tanaman cabai yang rapuh atau rusak dari tempat yang cerah, temukan cara untuk menaungi tanaman tersebut di cuaca panas.

Ingat, jangan gunakan bahan kimia seperti pestisida sebelum anda membaca semua petunjuk dan peringatan yang tertera pada label.