Biang Kerok Daun Aglonema Mengecil & Mengatasinya

Biang Kerok Daun Aglonema Mengecil & Mengatasinya

Daun mengecil merupakan masalah yang dapat terjadi pada tanaman aglonema jenis apa pun. Anda tidak boleh dianggap enteng, karena masalah ini bisa berakibat fatal bagi aglonema itu sendiri.

Jika tidak segera diatasi atau diobati, daun aglonema yang mengecil pada akhirnya akan menyebabkan tanaman mengerdil dan mati.

Berikut penyebab daun aglonema mengecil dan cara mengatasinya.

1. Kurang unsur hara

Unsur hara pada tanaman yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan daun aglonema mengecil. Kita tahu bahwa unsur hara merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap tanaman hidup.

Tanaman membutuhkan berbagai unsur hara, seperti kalium, fosfor, sulfur dan magnesium.

Oleh karena itu apabila salah satu zat tersebut tidak terpenuhi maka akan merusak sistem anatomi pada aglonema, salah satu dampaknya adalah daun tiba-tiba mengecil.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan secara teratur memberikan vitamin dan pupuk pada tanaman aglonema.

2. Muncul bunga

Faktor kedua adalah muncul bunga, ketika aglenema memasuki usia dewasa, tanaman akan menghasilkan daun pada bagian pucuk, sehingga nutrisi pada aglonema secara alami akan diarahkan ke bunga.

Baca Juga :  Penyebab & Mengatasi Daun Philodendron Menghitam

Oleh karena itu, daun tidak mendapatkan nutrisi sebagaimana mestinya. Jadi anda perlu memetik bagian bunga untuk mengembalikan distribusi nutrisi ke bagian-bagian lainnya.

Hal ini terjadi secara alami, sehingga apabila bagian bunga tersebut sudah tanggal, daunnya dapat kembali normal dalam jangka waktu tertentu.

Namun, ini membutuhkan proses yang panjang, sehingga peran anda sebagai pemilik tanaman sangat diperlukan di sini. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memotong bunga yang muncul di tanaman aglonema.

3. Aglonema sakit

Penyebab daun aglonema mengecil juga bisa dikarenakan faktor sakit karena terkena jamur atau bakteri.

Tidak sulit untuk membedakan masalah ini. Saat aglonema terinfeksi jamur, daun bagian atas akan mengecil dan daun bagian bawah menguning.

Solusinya adalah dengan menggunakan antracol fungida atau anti jamur. Antracol fungida juga dapat dicampur dengan air cucian beras, ukurannya adalah 1 liter air cucian beras dan 1 gram antracol fungida.

Tuang air cucian beras yang telah dicampur antracol fungida ke media tanam aglonema.

Untuk aglonema yang terinfeksi bakteri, ciri-cirinya adalah pada bagian batang dan daun aglonema terdapat lendir.

Baca Juga :  DPP Kota Yogya Kembangkan Tanaman Hias Dengan Kultur Jaringan

Jika bagian daun berlendir, potong bagian daun itu.

Kemudian oleskan air sabun cuci piring (1-2 tetes cuci piring dicampur dengan air secukupnya).

Jika batangnya yang mengeluarkan lendir, anda tidak perlu memotongnya. Cukup bersihkan batangnya dengan air bersih, lalu olesi dengan sabun cuci piring.