Trik Agar Tanaman Alocasia Tumbuh Subur & Sehat

Trik Agar Tanaman Alocasia Tumbuh Subur & Sehat

Alocasia yang subur dan sehat tentu menjadi dambaan para pecinta tanaman hias. Selain itu, jika tumbuh cukup cepat, pasti akan lebih menarik.

Namun, tidak mudah menjadikan alocasia tumbuh subur dan tetap sehat. Pemiliknya harus serius, sabar dan melakukan hal-hal tertentu dengan benar.

Cara agar tanaman alocasia tumbuh subur dan sehat adalah dengan melakukan proses repotting atau ganti pot.

Seiring pertumbuhannya, tanaman alocasia perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar setidaknya setiap empat hingga enam bulan sekali.

Selain itu, ketika akar tanaman mulai keluar dari pot atau wadah tidak cukup untuk ‘menampung’ pertumbuhan, kita juga dapat segera melakukan repotting.

Bagaimana cara repotting tanaman alocasia? Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam proses penggantian pot alocasia, di antaranya:

1. Siapkan pot yang lebih besar

Langkah pertama dalam repotting alocasia adalah menyiapkan pot atau wadah baru yang lebih besar.

Baca Juga :  Beri Hadiah Tanaman Hias Imlek untuk Keberuntungan

Gunakan pot dua kali lebih besar dari yang sebelumnya.

2. Isi pot dengan media tanam

Setelah pot baru disiapkan, saatnya kita memasukkan media tanam. Pilih media tanam terbaik yang cocok untuk tanaman alocasia, seperti dua bagian sekam bakar, dua bagian pakis cacah, dua bagian sabut kelapa, satu bagian hydroton, satu bagian pasir malang, satu bagian sekam cocopeat dan setengah bagian vermicompost.

3. Pindahkan tanaman alocasia

Setelah pot baru diisi dengan media tanam, berikutnya pindahkan alocasia ke dalamnya. Kemudian, volume pot bunga dipadatkan dengan menambahkan media tanam.

Mengganti pot secara berkala akan membuat akar alocasia tetap segar, karena media tanam dan sirkulasi udara menjadi baru, sehingga tanaman lebih cepat tumbuh.

Memindahkan tanaman alocasia dengan rajin akan menjadikan akarnya tumbuh subur dan sehat. Jika akarnya besar, alocasia (juga) akan tampak lebih besar.

Jika akar alocasia tidak tumbuh dengan baik, tanaman hiasitu  tidak akan tumbuh besar dan jumlah daun tidak akan berkembang.

Jangan lupa disiram ya!

Tanaman alocasia perlu sering disiram untuk menjaga tanah tetap lembab. Cara terbaik untuk menentukan alocasia membutuhkan air adalah ketika bagian atas tanah (sekitar 1-2,5 cm) sudah kering.

Baca Juga :  Tanaman Hias Merambat Yang Bisa Percantik Rumah

Tanaman hias ini tidak menyukai tanah yang terlalu kering dan gersang, namun jangan juga menjadikan tanahnya terlalu basah karena bisa membuatnya mati.

Sebaiknya kita menyirami tanaman hias alocasia sedikit demi sedikit, tetapi sering. Ini akan menjaga tanah tetap lembab, tetapi tidak akan tergenang air.