Cara Cepat Mematangkan Pisang yang Masih Hijau

Cara Cepat Mematangkan Pisang yang Masih Hijau

Pisang adalah salah satu buah yang sering disantap oleh masyarakat kita. Pisang biasanya dimakan saat berwarna kuning. Lantas, bagaimana dengan pisang berwarna hijau?

Secara umum, pisang berwarna hijau adalah pisang mentah atau belum masak. Namun sebenarnya pisang berwarna hijau juga bisa dibuat masak dengan cepat.

Untuk diketahui, indikator kematangan pisang antara lain kemudahan mengupas, kelembutan buah dan aroma pisang saat dipotong. Sedangkan pisang yang kurang matang dan masih berwarna hijau memiliki tekstur yang lebih keras dan sulit dikupas.

Bahkan ketika dimakan, pisang ini memiliki aroma seperti mentimun. Hal ini berbeda dengan pisang matang, yakni pisang kuning yang memiliki warna lebih cerah dan lebih manis saat dimakan.

Jika Anda memiliki pisang mentah atau masih hijau, ada dua cara termudah untuk cepat mematangkannya. Berikut kami bagikan cara selengkapnya.

Cara pertama

Tempatkan pisang mentah di dalam tas karton, kertas atau dalam kardus. Saat pisang sudah berada di dalam tas, jangan lupa untuk memasukkan tomat, buah apel atau pir ke dalam tas atau kardus tersebut dan tutup kembali.

Baca Juga :  Ini 5 Hama Pohon Mangga yang Perlu Diwaspadai

Letakkan tas atau kardus di tempat yang kering dan hangat. Dengan cara ini, gas etilen dalam buah matang dapat menyebar ke seluruh bagian pisang mentah, sehingga mempercepat pematangan pisang. Cek karsus atau tas setiap hari untuk memastikan apakah pisang sudah matang atau belum. Karena jika terlalu lama disimpan, dikhawatirkan akan membusuk.

Cara kedua

Masukkan ke dalam oven. Suhu panas yang tinggi akan membuat pisang lebih cepat matang. Atur oven Anda ke suhu terendah, atau sekitar 77 derajat Celcius dan masukkan pisang ke dalam oven. Tambahkan pisang satu per satu dan letakkan di atas loyang agar pisang matang secara merata.

Setelah Anda memasukkan pisang ke dalam oven, jangan ditinggal ya. Perhatikan sampai kulitnya menguning dan siap untuk dikeluarkan. Keluarkan pisang jika sudah mulai kecoklatan dan Anda bisa melihat bintik-bintik hitam pada kulit pisang. Itu tandanya pisang sudah matang.

Jika Anda tidak terburu-buru untuk mengonsumsi pisang, Anda cukup mengangin-anginkannya. Namun, jika Anda sudah pengin mengonsumsi pisang yang sudah matang, maka ikuti tips di atas ya.

Baca Juga :  Waspada Hama Pohon Mangga, Ini Cara Basminya